IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI TATA RUANG KABUPATEN LAMONGAN (SKALA) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT

Mesra Surya Ariefin, Masram Masram, Mu’ah Mu’ah, Roudlotul Badia’ah

Sari


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan publik terhadap tingkat kepuasan masyarakat yang dimoderasi oleh Sistem Informasi Tata Ruang Kabupaten Lamongan (SKALA) pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kab. Lamongan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan permohonan PKKPR pada DPRKPCK Kab. Lamongan dan besaran sampel, yaitu 30 responden. Penelitian ini mrnggunakan pendekatan metode kuantitatif dan analisis menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan publik memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat serta variabel SKALA mampu memoderasi hubungan antara kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Meutia, I.F, 2017, Reformasi Administrasi Publik, Aura Publisihing: Bandar Lampung.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2007. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model.

Sari, Nanna, 2019, Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Camat Lappariaja Kabupaten Bone, UMM.

Haryanto.E, 2013, Jurnal EMBA, Kualitas Layanan,Fasilitas dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado (online), Vol.1, No.3.

Untung.S, Maria.M.M, dan Heru.S.W, 2016, Journal Of Management, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Dalam Pengurusan Kartu Identitas Penduduk (KTP-EL) Dan Dokumen Kependudukan Di Kantor Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Semarang, Vol.2, No.2.

Tjiptono, Fandy. 2011.Strategi Pemasaran, Edisi kedua. Cetakan ketujuh, Andi . Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v10i2.5330

Article Metrics

Sari view : 56 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.