ANALISIS PENGAKUAN PENDAPATAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN BERDASARKAN PSAK 23 PADA RUMAH SAKIT UMUM (RSU) ‘AISYIYAH PADANG

Immu Puteri Puteri Sari, Fitri Yulianis, Rohmatul Aini

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengakuan  klaim asuransi kesehatan di RSU Aisyiyah Padang. Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik wawancara dan dokumenter digunakan sebagai sumber data dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, metode kas yang didasarkan pada operasi kas perusahaan digunakan untuk pengakuan manfaat asuransi kesehatan rumah sakit. Dalam proses pengakuan jaminan BPJS kesehatan ada beberapa langkah yang harus dilakukan, setelah itu syarat-syarat yang telah disepakati diserahkan kepada perusahaan asuransi BPJS hingga  klaim disetujui. Manfaat bersertifikat dibayarkan melalui bank dan kemudian dicatat sebagai pendapatan  rumah sakit. RSU 'Aisyiyah Padang tidak menerapkan pengakuan pendapatan berdasarkan PSAK 23 karena metode cash based tidak dapat menggambarkan efektivitas manajemen dalam menganggarkan biaya yang berkaitan dengan aktivitas operasi.

Kata Kunci : Pengakuan, Pendapatan, Asuransi BPJS, Verifikasi Klaim


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Arif, M. Nur Rianto. (2012). “Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah”. Bandung : Alfabeta.

Amrin, Abdullah. (2006). “Asuransi Syariah Keberadaan Dan Kelebihan Tengah Asuransi Konvensional”. Jakarta : IKAPI.

Harnanto. (2019). “Dasar-Dasar Akuntansi”. Yogyakarta : BPFE, Andi.

Khotimah, Husnul. (2014). “pengaruh Premi Klaim, Hasil Investasi Dan underwriting Berpengaruh secara Simultan Terhadap Laba Perusahaan Asuransi Syariah Pada Pt. Asuransi Kerugian Sinarmas Cabang Syariah Periode 2008-2012”. Skripsi Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Jakarta.

Mutmainnah. (2015). “Analisis Pengaruh Pendapatan Premi, Beban Klaim, Hasil Underwriting, Cadangan Teknis, dan Risk Based Capital Terhadap Laba Pada 20 Perusahaan Asuransi Umum Di Indonesia Periode 2009-2013”. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Nutisusastro, Mulyadi. (2013). “Asuransi Dan Usaha Perasuransian Di Indonesia”. Bandung : Alfabeta.

Putri, Asih Eka. (2014). “Paham Badan Penyelenggara Jaminan Sosial”. Seri Buku Saku Ke-2. Jakarta : Friedrich-Ebert-Stiftung Kantor Perwakilan Indonesia.

Sugiyono. (2018). “Metode Penelitian Kuantitatif”. Bandung : Alfabeta.

________. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D”. Bandung : Alfabeta.

Tersiana, Andra. (2018). “Metode Penelitian”. Yogyakarta : Gramedia.

Tangkere, D.F.D., Illat, V., Dan Workas, H. (2017). “Analisis Perlakuan Akuntansi Pendapatan Premi Dan Beban Klaim Pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Bitung”. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi. Vol.5 No.2.

Widagdo, B., Dan Lestari, N.P. (2018). “Manajemen Resiko Dan Asuransi”. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/15718/BAB%20II.pdf?sequence=6&iAllowed=u. Undang-Undang Republik Indonesia. (2011). “Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial”. Jakarta : Diakses Pada Tanggal 24 juli 2022 Pukul 15:54 WIB. (widayati, 2019:5).




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4855

Article Metrics

Sari view : 265 times
PDF - 675 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.