PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HONDA BEAT (STUDI KASUS PADA DEALER HONDA SAUDARA MOTOR DI KOTA SOLOK)

Harry Wahyudi, Assyfa Fauzyyah

Sari


Loyalitas pelanggan merupakan sikap positif yang diberikan oleh kepuasan konsumen terhadap produk atau perusahaan yang diwujudkan dengan perilaku berniat membeli kembali ataupun yang telah melakukan pembelian berulang hingga merekomendasikannya kepada siapapun yang mereka kenal.Penelitian ini bertujuan untukmelihat pengaruh harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pada Dealer Honda Saudara Motor Di Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dimana bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan mengambil sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian inni yaitu menggunakan kuesioner dengan skala likert. Berdaasrkan hasil perhitungan aplikasi program SPSS dari uji t diperoleh variabel harga dengan nilai thitung -3,369 < ttabel 1,660 dan nilai sig 0,001 < 0,05 sehingga H1 ditolak dan H0 diterima. Pada variabel promosi nilai thitung 5,583 > ttabel 1,660 dan nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji F probabilitas signifikan Fhitung 20,819 > Ftabel 3,090 dengan nilai signifikannya 0,000 < 0,05 sehingga hal ini berarti harga berpengaruh negative terhadap loyalitas pelanggan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Honda Beat pada Dealer Honda Saudara Motor Di Kota Solok. Pada penelitian ini koefisien determinasinya yaitu 0,300 atau 30%. Dimana variabel harga dan promosi berpengaruh sebanyak 30% terhadap loyalitas pelanggan Honda Beaat pada Dealer Honda Saudara Motor Di Kota Solok. Sedangkan 70% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas peneliti pada penelitiannya.

 

Kata Kunci: Harga, Promosi dan Loyalitas Pelanggan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah, M. (2017). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap "UMM BAKERY", 12.

Cakici, A. (2018). The Impact of Perceived Price Justice and Satisfaction on Loyalty: The Mediating Effect of Revisit Intention. Tourism Review, 443-462.

Dharma, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. EKOBISTEK Fakultas Ekonomi.

firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan pemasaran). yogyakarta: deepublish.

Hatta, I. H. (2018). Brand Image Analysys, Promotion, Satisfaction and Customer Loyalty. IOSR Journal of Business and Management, Vol 20, 50-55.

Insani, &. M. (2020). Pengaruhh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan AAkuntansi).

Kotler, A. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks .

Kotler, P. d. (2018). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemassaran. Bandung: Alfabeta.

Mokoagouw, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadaap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Saamsung Mobile It Center Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 493-502.

Mokoagouw, M. L. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center. Jurnal Berjaka Ilmiah Efisiensi , 16 (01).

Mu'arif, S. (2017). Analisis Bauran Pemasaran Pada Cafe Roempi Bandung. 2-17.

Priansa. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Primantara, J. (2017). Peran Kepuasan Memediasi Kualitas Layanan Terhadap Wom pada Rsu Surya Husaadha Denpasar. EJurnal Manajemen Unud, 2794-3819.

Ratih, H. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Riyono & Budiharja, G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhaadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Journal Site Semarang, 92-121.

Sacadikiara, E. H. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Distro Screamous Bandung. 1331-1336.

Salman Farisi, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Prommosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Transportaasi Online di Kota Medan. Juenal Ilmiah Magister Manajemen.

Saputri, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Haarga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Swastha, B. (2018). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta.

Tamon G. M, M. S. (2019). Strategi Promosi, Citra Merek Terhadap Pelanggan Mbil Toyota (Studi Pada Konsumen Mobil Toyota Di Manado). 701-710.

Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 13. Yogyakarta: Andi.

Wahana V, S. R. (2019). Pengaruh Persepsi Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Toko Kain Toray Pematangsiantar. Manajemen, 99-109.

Yoebrilianti. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator (Survei Konsumen Pada Jejaring Sosial).

Zainal. (2017). Pengaruh Promosi, Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sebuah Smartphone.

Reswita, Yefri, dkk (2023). Pengaruh Profitabilitas Dan Solvabilitas Terhadap Harga Saham Lq 45 Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia Periode 2017-2021, Menara Ekonomi, ISSN :2407-8565; E-ISSN: 2579-5295 Volume IX No. 1

Yoda, Tilawatil Ciseta, dkk (2022). Pengaruh Kebijakan Hutang Dan Kepemilikan Manajerial terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Lq45 Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020, MENARA ILMU, Vol XVI No.2

Yoda, Tilawatil Ciseta (2019). ToAnalysis Of Investment Opportunity Set And Form Size Towards Dividend Policy On Mining Company Listed In Indonesia Stock Exchange (Idx) Period 2015-2017, Menara Ekonomi, ISSN :2407-8565; E-ISSN: 2579-5295 Volume V No. 2

Nanda & Adrianto Fajri (2019). Abnormal Return Momentum Pada Saham Syariah Di Jakarta Islamic Indeks, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen , Volume IV No. 4

Darman, dkk (2023). Analisis Keakuratan Macd Dan Bollinger Band Dalam Menentukan, Sinyal Membeli Dan Menjual Saham Yang Terdaftar Indeks 30 Sub Sektor Pertambangan Per 2016-2021, Menara Ekonomi, ISSN: 2407-8565; E-ISSN: 2579-5295 Volume IX No. 2

Nanda (2021). Strategi Momentum dan Strategi Volatilitas Momentum pada Saham Indeks LQ 45, Jurnal Ilmu Manajemen, ISSN: 2549-192X Volume 9 Nomor 4

Nastiti, Dwi Tiara, dkk (2022). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance (Gcg) Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Journal of Management and Entrepreneurship Vol I No.1

Yulihardi, dkk (2022). The Effect Of Organizational Climate, Leadership And Procedural Justice On Job Satisfaction At The Department Of Energy And Mineral Resources Of West Sumatra. PENANOMICS International Journal of Economics Vol.1 No.2

Yoda, Tilawatil Ciseta & Febriani. R (2020). Regional Financial Independence Inequality Analysis Using Williamson Index: Comparison between Regencies in West Sumatera–Indonesia

Yoda, Tilawatil Ciseta (2019). Analysis Effect of Exchange Rates and Interest Ratesof Bank Indonesia On Share Price, Menara Ekonomi, ISSN :2407-8565; E-ISSN: 2579-5295 Volume V No. 1

Yulihardi, dkk (2022). Work Family Conflict, Work Stress And Organizational Commitment In Affecting The Performance Of Physical Nurses In Padang City. PENANOMICS: International Journal of Economics E-ISSN: 2829-601X Vol.1 No.1

Yulihardi, dkk (2022). The Effect Of Organizational Climate, Leadership And Procedural Justice On Job Satisfaction At The Department Of Energy And Mineral Resources Of West Sumatra. PENANOMICS: International Journal of Economics E-ISSN: 2829-601X Vol.1 No.2

Syahputra Candra, dkk (2023). Pengaruh Perkembangan Karir, Turnover Intention Dan Self Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telkom Akses Padang Tahun 2017-2021. Menara Ekonomi, ISSN: 2407-8565; E-ISSN: 2407-8565 Volume IX No. 2

Yulihardi, Syaiful (2023). Destination Image and Tourism Products to Visit IntentionTourism Object in Solok Regency: Mediation Role of Electronic Word of Mouth. Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences ISSN: 2829-8217 Vol.2 No.2

Suandi Edi, dkk (2022). Ethical, Innovative, And Moble: Sharia Banks And Factors Affecting Ist Competitive Advantage. JURNAL IPTEKS TERAPAN ISSN: 1979-9292; E-ISSN: 2460-5611 Vol.16 No.1

Suandi Edi, dkk (2020). Relationship Between Blue Ocean Strategy, Customer, And Islamic Bank Performance. JURNAL IPTEKS TERAPAN ISSN: 1979-9292; E-ISSN: 2460-5611 Vol.14 No.2

Febriani Rina, (2021). The Influence Of Parent’s Economic Status, The Need For Achievement And Entrepreneurship Education On Interest In The Faculty Of Economics Baiturrahmah Padang Entrepreneurship. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review ISSN: 1410-7988 E-ISSN 2614-123X Vol.12 No.2

Febriani Rina, (2017). Pengaruh beban kerja dan efikasi diri terhadap kelelahan emosional dengan konflik kerja keluarga sebagai variabel intervening pada RSI. Siti Rahmah Padang. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Post Graduate, Bung Hatta University Vol.11 No.2

Afrida, Febriani Rina, (2021). Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Air Minum Dalam Kemasan Aqua (Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Baiturrahmah Padang). Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review ISSN: 1410-7988 E-ISSN 2614-123X Vol.12 No.2

Febriani Rina, dkk (2019). Beban Kerja dan Kelelahan Emosional Perawat Wanita yang Sudah Berkeluarga: Konflik Kerja Keluarga sebagai Variabel Mediasi. Ensiklopedia of Journal ISSN: 2622-9110 E-ISSN: 2654-8399 Vol.1 No.2

Yulihardi, Iskamto Dedi, (2018) (Pengaruh Perencanaan Kerja, Motivasi Kerja Dan Koordinasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review ISSN: 1410-7988 E-ISSN 2614-123X Vol.9 No.2

Yulihardi, Akmal (2019). Ketersediaan Sarana Prasarana, Kompetensi Kerja Dan Iklim Organisasi Dalam Mempengaruhi Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Jiwa (Rsj) Puti Bungsu Padang. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review ISSN: 1410-7988 E-ISSN 2614-123X Vol.10 No.4

Amrullah, Yulihardi, (2020). Pengaruh Iklan Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Axis Pada Mahasiswa Fkip Universitas Bung Hatta Padang. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review ISSN: 1410-7988 E-ISSN 261




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4846

Article Metrics

Sari view : 122 times
PDF - 83 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.