PENGARUH PERIKLANAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP PENJUALAN SMARTPHONE VIVO DI GUNUNG MAS CELLULAR PADANG
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh periklanan dan harga produk secara parsial dan simultan terhadap penjualan smartphone vivo di Gunung Mas Cellular Padang.Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah data skunder yaitu data yang diperoleh dari laporan-laporan perusahaan yaitu memuat data biaya periklanan dan harga produk di Gunung Mas Cellular Padang pada tahun 2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis yaitu secara parsial (t), uji simultan (F) dan koefisien determinasi (R2).Hasil regresi yang diperoleh telah memenuhi uji asumsi klasik sehingga diperoleh Y = 341808905,001+ 70,772X1 + 168.120X2. . Hasil Uji t menunjukkan periklanan yang berpengaruh signifikan terhadap penjualan dibuktikan dengan nilai thitung = 3,602 > ttabel=2,262 maka hipotesis (H1) diterima .Harga produk berpengaruh signifikan terhadap penjualan dibuktikan dengan dengan nilai thitung = 2,352 > ttabel=2,262 maka hipotesis (H2) diterima. Hasil uji simultan (F) menunjukkan bahwa periklanan dan harga produk berpengaruh signifikan terhadap penjualan dibuktikan dengan nilai Fhitung 4,619> Ftabel 4,26 maka hipotesis (H3) diterima.Sedangkan untuk R Square sebesar 0,591 atau 59,1%. Hal ini menunjukkanbahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (periklanan dan harga produk) terhadap variabel dependen (Penjualan) sebesar 59,1%, sedangkan sisanya 40,9% dipengaruhui atau dijelaskan oleh variabel lainyang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Periklanan,Harga produk , Penjualan.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andi,Hartanto.(2014). Pengaruh kualitas produk, periklanan dan harga terhadap Volume Penjualan pada Onsight Outdoor Equipment Solo,Solo: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Andriono, Agus. (2006). Pengaruh Kebijakan Harga dan Periklanan terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Raket Abadi Malang, Makassar: Universitas Merdeka
Ghozali,Imam.(2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Cetakan IV.Semarang:Universitas Diponegoro
Haryani,Dwi Septi.(2019). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjung Pinang,Tanjung Pinang:STIE Pembangunan Tanjung Pinang
Kotler, Philip.(2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan: PT.Prenhallindo : Jakarta
Kotler, Philip dan Armstrong, Garry.(2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta : Erlangga
Machfoedz,Mahmud.(2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Cetakan Pertama.Yogyakarta: Cakra Ilmu
Novit, Endang.(2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Prodi Manajemen,Padang: Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Putri,Widya.(2018). Pengaruh Periklanan Dan harga produk Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan smartphone Realme di Galaxy Cell Kudus, Kudus: Universitas Mulia Kudus
Pratama, Rahman. (2012). Pengaruh Harga jual, Kualitas Produk dan Periklanan Terhadap Volume Penjualan Mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla di kota Makassar, Makassar: Universitas Islam Negri Alauddin Makassar
Ridwan. (2006). Skala Pengukuran Variabel-variabel penelitian.Jakarta:Rineke Cipta
Swasta,Basu (2010).Manajemen Penjualan.Yogyakarta:liberty
DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i1.4804
Article Metrics
Sari view : 135 timesPDF - 76 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXING BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.