PENGARUH PERIKLANAN DAN HARGA PRODUK TERHADAP PENJUALAN SMARTPHONE VIVO DI GUNUNG MAS CELLULAR PADANG

Usmiar Usmiar, Nurhaida Nurhaida, Leli Suwita, Toha Hakimul Hadid

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh periklanan dan harga produk  secara parsial dan simultan terhadap penjualan smartphone vivo di Gunung Mas Cellular Padang.Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah data skunder yaitu data yang diperoleh dari laporan-laporan perusahaan yaitu memuat data biaya periklanan dan harga produk di Gunung Mas Cellular Padang pada tahun 2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis yaitu secara parsial (t), uji simultan (F) dan koefisien determinasi (R2).Hasil regresi yang diperoleh telah memenuhi uji asumsi klasik sehingga diperoleh Y = 341808905,001+ 70,772X1 + 168.120X2. . Hasil Uji t menunjukkan periklanan yang berpengaruh signifikan terhadap penjualan dibuktikan dengan  nilai thitung = 3,602 > ttabel=2,262 maka hipotesis (H1) diterima .Harga produk berpengaruh signifikan terhadap penjualan dibuktikan dengan dengan nilai thitung = 2,352 > ttabel=2,262 maka hipotesis (H2) diterima. Hasil uji simultan (F) menunjukkan bahwa periklanan dan harga produk berpengaruh signifikan terhadap penjualan dibuktikan dengan nilai Fhitung 4,619> Ftabel 4,26 maka hipotesis (H3) diterima.Sedangkan untuk R Square sebesar 0,591 atau 59,1%. Hal ini menunjukkanbahwa persentase sumbangan pengaruh  variabel independen (periklanan dan harga produk) terhadap variabel dependen (Penjualan) sebesar 59,1%, sedangkan sisanya 40,9% dipengaruhui atau dijelaskan oleh variabel lainyang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata kunci : Periklanan,Harga produk , Penjualan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andi,Hartanto.(2014). Pengaruh kualitas produk, periklanan dan harga terhadap Volume Penjualan pada Onsight Outdoor Equipment Solo,Solo: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Andriono, Agus. (2006). Pengaruh Kebijakan Harga dan Periklanan terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Raket Abadi Malang, Makassar: Universitas Merdeka

Ghozali,Imam.(2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Cetakan IV.Semarang:Universitas Diponegoro

Haryani,Dwi Septi.(2019). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjung Pinang,Tanjung Pinang:STIE Pembangunan Tanjung Pinang

Kotler, Philip.(2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan: PT.Prenhallindo : Jakarta

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry.(2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta : Erlangga

Machfoedz,Mahmud.(2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Cetakan Pertama.Yogyakarta: Cakra Ilmu

Novit, Endang.(2017). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Prodi Manajemen,Padang: Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Putri,Widya.(2018). Pengaruh Periklanan Dan harga produk Penjualan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan smartphone Realme di Galaxy Cell Kudus, Kudus: Universitas Mulia Kudus

Pratama, Rahman. (2012). Pengaruh Harga jual, Kualitas Produk dan Periklanan Terhadap Volume Penjualan Mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla di kota Makassar, Makassar: Universitas Islam Negri Alauddin Makassar

Ridwan. (2006). Skala Pengukuran Variabel-variabel penelitian.Jakarta:Rineke Cipta

Swasta,Basu (2010).Manajemen Penjualan.Yogyakarta:liberty




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i1.4804

Article Metrics

Sari view : 120 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.