DETERMINASI NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR OTOMOTIF DI INDONESIA

Etty Sri Wahyuni, Henry Aspan, Ngaliman Ngaliman, Indawati Lestari

Sari


Nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Harga saham yang tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi, dan meningkatkan kepercayaan pasar tidak hanya terhadap kinerja perusahaan saat ini namun juga pada prospek perusahaan di masa mendatang. Memaksimalkan nilai perusahaan sangat penting artinya bagi suatu perusahaa, karena dengan memaksimalkan nilai perusahaan berarti juga memaksimalkan tujuan utama perusahaan. Meningkatnya nilai perusahaan adalah sebuah prestasi yang sesuai dengan keinginan para pemiliknya, karena  dengan meningkatnya nilai perusahaan, maka kesejahteraan para pemilik juga akan meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh struktur modal, ukuran Perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif dan Komponennya. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ini bersifat asosiatif. DER berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PBV padap perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI. Total aset berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV padap perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI. Hal ini menerima hasil hipotesis yang menyatakan total aset berpengaruh signifikan terhadap PBV. ROE berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PBV padap perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI. Hal ini menerima hasil hipotesis yang menyatakan ROE berpengaruh signifikan terhadap PBV.

Kata Kunci: DER, Total Aset, ROE, PBV  


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisyah dan Purwohandoko. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modalterhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015. Jurnal Manajerial Bisnis –1 (1) 34 – 46

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Hemastuti,C.P. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi, dan Kepemilikan Insider Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi. 3 (4).

Jogiyanto, H. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE: Yogyakarta.

Purnajaya, K. D. M., & Merkusiwati, N. K. L. A. (2014). Analisis Komparasi Potensi Kebangkrutan Dengan Metode Z-Score Altman, Springate, Dan Zmijewski Pada Industri Kosmetik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. E Jurnal Akuntansi, 7(1), 48–63.

Ramadhan, F., Wulandari, A., Rumengan, A. E., & Wahyuni, E. S. (2023). The Influence Of Profitability Ratio, Earning Per Share And Exchange Rate On Stock Price In Companies Including The Jakarta Islamic Index On The Indonesia Stock Exchange 2012-2016. International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 619-624.

Wahyuni, E. S., & Ramadhan, F. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Locus of Control dan Financial Management Behavior dengan Financial Technology Sebagai Variabel Moderating pada Dosen di Batam Selama Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Menara Ilmu, 102-115.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i1.4796

Article Metrics

Sari view : 163 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.