ANALISIS SOCIAL MEDIA PROMOTION, PERCEIVED VALUE, DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP REVISIT INTENTION WISATAWAN PADA SAWAH LUKIS BINJAI

Putri Mauliza, Ari Prabowo, Henry Aspan

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Social Media Promotion, Perceived Value, Dan Customer Satisfaction Terhadap Revisit Intention Wisatawan Pada Sawah Lukis Binjai. Analisis yang digunakan yaitu analisis assosiatif, metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh wisatawan yang melakukan kunjungan kembali (revisit intention) ke sawah lukis Binjai jumlahnya tidak dapat diprediksi/diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik penarikan sampel secara Purposive Sampling. Menentukan jumlah sampel dengan menggunakan rumus zikmund. Maka sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 96 responden. Hasil yang di dapat dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Social Media Promotion secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Revisit Intention, 2) Perceived Value secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Revisit Intention, 3) Customer Satisfaction secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Revisit Intention, 4) O Social Media Promotion, Perceived Value dan Customer Satisfaction secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap Revisit Intention. nilai Adjusted R square 0,798 dapat disebut koefisien determinasi, hal ini berarti 0,857 (85,7%) revisit intention dapat diperoleh dan di jelaskan oleh social media promotion, perceived value dan customer satisfaction sedangkan sisanya sebesar 14,3% dijelaskan oleh variabel diluar model yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci: Social Media Promotion, Perceived Value, Customer Satisfaction, Dan Revisit
                        Intention


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, Wibowo. (2016). Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi).

Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA

Arianty, Jasin, & Khodri. (2019). Manajemen Pemasaran Konsep dan Praktek. Medan: Perdana Publishing. Development of a Multiple Item Scale. Journal of Retailing 77(2), 203-220.

Djaslim, S. Oesman. (2013). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Engage. (2013). Marketing Media Communication. United States: McGraw-Hill Companies.

Gunelius, Susan. 2013. 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Hansel, B. T., & Riswan, E. T. (2014). The Effect of Social Media To The Brand Awareness of a Product Of a Company. Comm IT Journal.

Huang, S., & Hsu, C. H. C. (2014). Effects of travel motivation, past experience, perceived constraint, and attitude on revisit intention. Journal of Travel Research, 48(1), 29–44. https://doi.org/10.1177/0047287508328793

Kelly et al. (2013). System Marketing Ideal. New Jersey: Pearson Prestice Hall, Inc.

Kotler, P & Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Prestice Hall, Inc.

Marinkovic, Veljko. et al. (2014). “The antecedents of satisfaction and revisit intentions for full-service restaurants”. Marketing Intelligence & Planning. 32, (3), 311-327.

Peter. JP. & J.C. Olson. (2014). Consumer Behavior & Marketing Strategy Ninth Edition. The McGraw-Hill Companies.

Prabowo, A. (2023). Determinan Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada PT. Mondelez Internasional Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 4(2), 83-97.

Prabowo, A., & Sari, E. P. (2022). Analisis Experiental Marketing dan Electronic Word of Mouth Terhadap Repurchase Intention pada Penumpang Maskapai Penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 12(2), 125-136.

Prabowo, A., Wahyuni, E. S., Bakti, S., Sari, P. B., & Rossanty, Y. (2022). Does Raising Environmental Awareness and Creating Pro-Environmental Attitudes Drive the Intention to Revisit Among Visitors?. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3).

Richter A. & Koch M. (2013). Social Software-Status quo und Zukunft. Technischer Bericht. Nr. 2007-01, Fakultat fur Informatik. Universitat der Bundeswehr Munchen.

Rusiadi, et al. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus Dan Aplikasi Spss, Eviews, Amos Dan Lisrel. Cetakan Pertama. Medan: Usu Press.

Sangadji, & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Swastha & Irawan. (2017). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Ke Empat. Yogyakarta: Andi Offset Indonesia.

Tjiptono. (2014). Manajemen Pemasaran Dan Bisnis. Jakarta: Nusa Indah Pustaka.

Wahyuni, E. (2021, April). Detection of community knowledge level of economic, ecological benefits and causes of damage to mangrove forest ecosystems. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 748, No. 1, p. 012017). IOP Publishing.

Wahyuni, E. S., & Ramadhan, F. (2022). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Locus of Control dan Financial Management Behavior dengan Financial Technology Sebagai Variabel Moderating pada Dosen di Batam Selama Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 8(2), 102-115.

Wahyuni, E., Fachrudin, K., & Silalahi, A. (2019). An Empirical Study on Women’s Financial Behavior: Case Study of Female Postgraduate Students in Medan, Indonesia. International Journal of Research Culture Society, 3(11), 155-159. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm 7 Edition. Mc.Graw-Hill. Boston.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i1.4788

Article Metrics

Sari view : 181 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.