UPAYA PENINGKATAN KINERJA ASN DITINJAU DARI LINGKUNGAN KERJA, BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI MELALUI MOTIVASI KERJA PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KABUPATEN PASAMAN

Bambang Hermansyah

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, dan Kompetensi terhadap Kinerja ASN dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman. Metode Pengumpulan data dengan mengedarkan Kuisioner dengan sampel 79 responden. Aplikasi pengolah data yang digunakan yaitu SMART PLS 3.0.

Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa : 1.) Lingkungan Kerja berpengaruh Positif dan Signifikan Terhadap Motivasi Kerja pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman. 2.) Budaya Organisasi berpengaruh Positif dan Tidak Signifikan Terhadap Motivasi Kerja pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman. 3.) Kompetensi berpengaruh Positif dan Tidak Signifikan Terhadap Motivasi Kerja pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman. 4.) Lingkungan Kerja berpengaruh Positif dan Signifikan Terhadap Kinerja ASN pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman. 5.) Budaya Organisasi berpengaruh Positif dan Tidak Signifikan Terhadap Kinerja ASN pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman. 6.) Kompetensi berpengaruh Positif dan Tidak Signifikan Terhadap Kinerja ASN pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman. 7.) Motivasi Kerja berpengaruh Negatif dan Signifikan Terhadap Kinerja ASN pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman. 8.) Motivasi Kerja Memediasi Hubungan Antara Lingkungan Kerja terhadap Kinerja ASN pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman. 9.) Motivasi Kerja tidak Memediasi Hubungan Antara Budaya Organisasi terhadap Kinerja ASN pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman. 10.) Motivasi Kerja tidak Memediasi Hubungan Antara Kompetensi terhadap Kinerja ASN pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman.

Kata kunci : Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kompetensi, Motivasi dan Kinerja


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i1.4757

Article Metrics

Sari view : 77 times
PDF - 61 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.