ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN PINJAMAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA BANK SUMSEL BABEL CABANG PEMBANTU BUNGA MAS KABUPATEN LAHAT

Septi Pravitasari, Dewi Sartika, Willy Nofranita

Sari


Abstrak: Permasalahan pada penelitian ini adalah adanya faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) seperti apakah lama usaha berjalan, agunan, jumlah tanggungan keluarga, usia nasabah, dan sistem pengendalian internal berpengaruh terhadap pemberian pinjaman KUR.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama usaha berjalan, agunan, jumlah tanggungan keluarga, usia nasabah dan sistem pengendalian internal pada pemberian pinjaman kredit pada Bank Sumsel Babel Cabang Pembantu Bunga Mas Kabupaten Lahat. Serta motivasi di balik penyelidikan ini adalah untuk menjamin bahwa kredit yang diberikan benar-benar terlindungi, sehingga dapat memudahkan proses pemberian kredit, dan mencegah terjadinya kredit yang buruk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer yaitu informasi yang diperoleh secara langsung dari sumber pertama. Jumlah populasi 199 orang nasabah peminjaman KUR dan sampel dalam penelitian ini adalah 133 responden nasabah peminjaman KUR dengan teknik pengambilan secara random sampling serta menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebar kuesioner atau angket kepada seluruh responden peminjaman KUR. Adapun teknik analisis data menggunakan SEM PLS versi 4.0 yang kemudian diolah menggunakan tools Smart PLS dengan melihat hasil dari Uji Analisis Model Pengukuran (outer model) dan Uji Analisis Model Struktural (Inner Model). Hasil penelitian ini adalah lama usaha berjalan negatif dan tidak berpengaruh terhadap pemberian pinjaman kredit, agunan berpengaruh positif dan signifikan berpengaruh terhadap pemberian pinjaman kredit, jumlah tanggungan keluarga negatif dan tidak berpengaruh terhadap pemberian pinjaman kredit, usia nasabah negatif dan tidak berpengaruh terhadap pemberian pinjaman kredit, dan sistem pengendalain internal berpengaruh positif dan signifikan berpengaruh terhadap pemberian pinjaman kredit.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriyeni, Y. E. P. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Usaha Rakyat (Kur) Pt. Bank Rakyat Indonesia (Bri) Unit Talang Cabang Solok. Keuangan Dan Perbankan, 1–17.

Asmie. (2018). Pengertian dari deskripsi variabel lama usaha berjalan atau jangka lama waktu. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/4592/4028#:~:text=Lama usaha adalah lama waktu,berkembang adalah pengelolaan yang baik.

Dwi anjeli. (n.d.). Analisis faktor-fakto yang mempengaruhi tingkat pengembalian kredit usaha rakyat KUR) pada Pt. bank pembangunan daerah (bpd) sumatera barat cabang painan 1.2). 1–10. Elviza, W. (2022). Pengaruh Pemberian Kredit Usaha Rakyat (Kur) Bank Syariah Indonesia Terhadap Perkembangan Usaha Nasabah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Kcp Sarolangun 2). 1–70.

Di akses dari http://repository.uinjambi.ac.id/12273/

Febyana, N. wayan. (2019). http://www.journals.segce.com/index.php/JSAM. 1(3), 1–49.

fritz heider. (1985). Teori atribusi pengertian keseluruhan teori atribusi.

Ghozali. (2015). Structual equation modeling dan partial least square SEM-PLS.

Hartono Hadisoeprapto dan M.Bahsan. (2021). Jamninan Pada pengkreditan usaha rakyat.

Juliandi. (2018). Structual equation model partial least square (SEM PLS).

Maryana. (2017). Sistem pengendalian internal pada kredit.

Mulyadi. (2018). Sistem Pengendalian Internal Pada Pemberian Kredit.

Purwanto & taftazani. (2018). faktor jumlah tanggungan keluarga pada peminjaman KUR.

Riadi. (2020). Usia nasabah faktor pada pemberian pinjaman KUR.

Safa’atillah, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemberian Pinjaman Pada KSU

Kencana Makmur Sugihan lamongan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 404–412.

Di akses dari https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.220

Sasmiharti, J. (2022). Analisis dan Faktor yang dapat Mempengaruhi Pencairan dan Pelunasan Pinjaman

Kredit Usaha Rakyat. Literatus, 4(2), 624–631. Di akses dari https://doi.org/10.37010/lit.v4i2.870 siti sahrotun musarofah. (2021). sistem pengendalian internal terhadap pemberian kredit.

Sugiyono. (2022). Pengertian kerangka pemikiran, metode penelitian kuantitatif, populasi, sampel

Kuesioner dan variabel independen dependen (Sugiyono (ed.); 2nd ed.). Alfabeta, cv. Undang-undang Nomor 10. (1998). Keuangan dan perbankan.

weiner. (1982). Keseluruhan Teori Atribusi.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4718

Article Metrics

Sari view : 232 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.