PENGARUH GAYA HIDUP DAN KEPUASAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN APLIKASI E-MONEY OVO (Studi kasus mahasiswa pengguna aplikasi OVO di Universitas Dharmas Indonesia)

Kelik Purwanto, Eka Ermawa, Surya Heru Ampri

Sari


ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh seperti apa dampak Yang ditimbulkan oleh gaya hidup dan kepuasan konsumen terhadap keputusan konsumen menggunakan aplikasi e-money OVO (Studi kasus mahasiswa pengguna aplikasi OVO di universitas dharmas Indonesia). Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh gaya hidup dan kepuasan konsumen terhadap keputusan konsumen menggunakan aplikasi e-money OVO. Metode analisis pada penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 125 responden yanga merupakan mahasiswa pengguna aplikasi OVO di UNDHARI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial gaya hidup dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan penggunaan apliasi OVO. Berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil bahwa secara simultan gaya hidup (X1) dan kepuasan konsumen(X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaanaplikasi e-money OVO (Y).

Kata Kunci: Gaya Hidup, Kepuasan Konsumen dan Keputusan Penggunaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dayan, M. T. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital. TRANSAKSI, 12(1), 40–50.

Dewi, nia safitri, & Prabowo, rokh eddy. (2018). "Performa Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Dan Gaya Hidup Dalam Mempengaruhi Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik (Studi Konsumen Minuman Isotonik Di Kota Semarang). Prosiding SENDI_U 2018, 2016, 711.

khotler philip. (2015). Manajemen pemasaran (jilid 1). PT. indeks kelompok grameli.

kotler. (2005). manajemen pemasaran.

KOTLER & KELLER. (2007). MANAJEMEN PEMASARAN.

Kotler, K. (2012). MARKETING MANAGEMENT (14th, direvi ed.). prentice hall.

Maharani, C., & Putri, Y. R. (2020). Analisis Gaya Hidup Penggemar Pada Fandom Kpop (studi Pada Penggemar Wanna One Dalam Fandom Wannable Indonesia). EProceedings of Management, 7(3).

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17–26.

Putri, A. D., & Astuti, S. R. T. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Blends Pasta & Chocolate Cabang Unika Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(2), 73–82.

Sahir, S. H., Ramadhani, A., & Tarigan, E. D. S. (2016). Pengaruh gaya hidup, label halal dan harga terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi universitas medan area medan. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 3(1).

Sapitri, M., & Maulina, A. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP DAN PROMOSI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN DOMPET DIGITAL OVO di Janji Jiwa Citywalk. JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(5), 345–357.

Somantri, B., Afrianka, R., & Fahrurrazi, F. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk iPhone. Cakrawala Repositori IMWI, 3(1), 1–10.

sumarwan. (2011). perilaku konsumen. bogor:ghalia indonesia.

sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.

Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan sistem pembayaran digital pada era revolusi industri 4.0 di indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75.

Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Wulandari, Z., Mulyati, A., & Tjahjono, E. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada Marketplace Shopee). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(1).

Sugiyono. (2013). Metodologi Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metodologi Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metodologi Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4703

Article Metrics

Sari view : 282 times
PDF - 130 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.