PERAN BLUE OCEAN STRATEGY BAGI PELAKU EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN REVISIT INTENTION WISATAWAN PADA OBJEK WISATA BUKIT LAWANG SUMATERA UTARA

Ami Natuz Zahara, Ari Prabowo, Etty Sri Wahyuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi blue ocean oleh para pelaku ekonomi kreatif terhadap revisit intention wisatawan di kawasan Bukit Lawang, Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh wisatawan lokal yang berkunjung ke Bukit Lawang, Sumatera Utara yang jumlahnya tidak dapat ditentukan/tidak terbatas. Metode penarikan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling yaitu dimana peneliti mengumpulkan informasi dari yang paling lengkap dan memenuhi berbagai kebutuhan informasi. Parameter sampel adalah wisatawan lokal yang telah mengunjungi Bukit Lawang lebih dari 1 kali, dengan rumus lameshow sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh secara parsial bahwa variabel raise dan create terhadap revisit intention wisatawan di kawasan Bukit Lawang, Sumatera Utara. Secara simultan menunjukkan bahwa raise dan create terhadap revisit intention wisatawan di kawasan Bukit Lawang. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 0,702 (70,2%).

Kata Kunci : Raise, Create, Revisit Intention, Creative Economy


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, Wibowo. 2016. Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi).

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA

Arianty, Jasin, dan Khodri. 2019. Manajemen Pemasaran Konsep dan Praktek. Medan: Perdana Publishing.

Djaslim, S. Oesman. 2013. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung : Linda Karya.

Engage. 2013. Marketing Media Communication . United States: McGraw-Hill Companies.

Gunelius, Susan. 2013. 30-Minute Social Media Marketing. United States:

McGraw-Hill Companies.

Hansel, B. T., & Riswan, E. T. 2014. The Effect of Social Media To The Brand

Awareness of a Product Of a Company. CommIT Journal.

Huang, S., & Hsu, C. H. C. 2014. Effects of travel motivation, past experience,

perceived constraint, and attitude on revisit intention. Journal of Travel

Research, 48(1), 29–44. https://doi.org/10.1177/0047287508328793

Kelly et al. (2013).System Marketing Ideal. New Jersey: Pearson Prestice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014, Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Prestice Hall, Inc.

Marinkovic, Veljko. et al. 2014. “The antecedents of satisfaction and revisit

intentions for full-service restaurants”. Marketing Intelligence & Planning. 32, (3), 311-327.

Prabowo, A., Lubis, A. N., & Sembiring, B. K. F. (2021). The Effect of Promotion and Servicescape on Impulsive Buying Behavior with Shopping Emotion as Intervening Variables for Consumers Store of Fashion H&M in Sun Plaza Medan, North Sumatera, Indonesia. International Journal of Research and Review, 8(2), 235-252.

Prabowo, A., Wahyuni, E. S., Bakti, S., Sari, P. B., & Rossanty, Y. (2022). Does Raising Environmental Awareness and Creating Pro-Environmental Attitudes Drive the Intention to Revisit Among Visitors?. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(3).

Prabowo, A., & Sari, E. P. (2022). Analisis Experiental Marketing dan Electronic Word of Mouth Terhadap Repurchase Intention pada Penumpang Maskapai Penerbangan di Kota Medan Pasca Pandemi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 12(2), 125-136.

Prabowo, A. (2023). Determinan Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Mondelez Internasional Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 4(2), 83-97.

Peter. JP. Dan J.C. Olson. 2014. Consumer Behavior & Marketing Strategy Ninth Edition. The McGraw-Hill Companies.

Richter A. & Koch M. 2013. Social Software-Status quo und Zukunft. Technischer Bericht. Nr. 2007-01, Fakultat fur Informatik. Universitat der Bundeswehr Munchen.

Rusiadi, et al. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus Dan Aplikasi Spss, Eviews, Amos Dan Lisrel. Cetakan Pertama. Medan: Usu Press.

Sangadji, & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Swastha dan Irawan. 2017. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Sweeney, J. C., & Soutar, G. N. 2013. Consumer Perceived Value: The

Development of a Multiple Item Scale. Journal of Retailing 77(2), 203-220.

Tjiptono, 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Ke Empat. Yogyakarta: Andi Offset Indonesia.

Tjiptono. 2014. Manajemen Pemasaran Dan Bisnis. Jakarta: Nusa Indah Pustaka.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm 7 Edition. Mc.Graw-Hill. Boston.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v9i2.4303

Article Metrics

Sari view : 236 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.