PENGARUH REPUTASI DAN PENGUNGKAPAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PREFERENSI MAHASISWA TERHADAP PERBANKAN SYARIAH

Fiola Finomia Honesty, Mia Angelina Setiawan

Sari


Perbankan merupakan salah satu penggerak perekonomian di suatu negara. Salah satu jenis perbankan di Indonesia adalah perbankan syariah. Bank syariah memiliki pengelolaan dana simpanan yang berbeda dengan bank konvensional. Dimana dalam perbankan syariah pengelolaan keuangan merupakan kemitraan dimana bank bertindak sebagai pengelola keuangan yang mengatur investasi dari nasabah dengan prinsip bagi hasil. Meskipun setiap perbankan syariah terus berkembang, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bagaimana bank syariah menjalankan operasional dan aktivitasnya. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha syariah adalah preferensi dan kurangnya informasi publik tentang perbankan syariah. Telah banyak penelitian tentang preferensi nasabah terhadap perbankan syariah di Indonesia, namun masih sedikit dibandingkan penelitian tentang perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor preferensi nasabah dalam memilih perbankan syariah. Faktor-faktor ini termasuk reputasi bank, dan informasi keuangan oleh perbankan syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi di Sumatera Barat dengan mengambil sampel dari mahasiswa jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Padang. Analisis dilakukan melalui analisis regresi linier berganda untuk menguji faktor preferensi mahasiswa terhadap perbankan syariah. Setelah data terkumpul diperoleh 140 responden penelitian yaitu mahasiswa akuntansi yang sudah dan belum mengambil mata kuliah akuntansi syariah. Dari pengolahan dan analisis data diketahui bahwa reputasi bank berpengaruh signifikan terhadap preferensi bank syariah. Sedangkan informasi akuntansi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung pada bank syariah.
Kata kunci: bank syariah, preferensi, reputasi bank, keterbukaan informasi keuangan, TOC

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chigamba, C., & Fatoki, O. 2011. Factors influencing the choice of commercial banks by university students in South Africa. International Journal of Business and Management, 6(6), 66-76

Hameed, Shahul, 2002a, "Different Accounting for Different Worldviews The Need for An Islamic Accounting", Artikel disampaikan pada Regional Panel Forum on Islamic Accounting, UMY, Yogyakarta, Tidak dipublikasikan

Misbach, I., Surachman, Hadiwidjojo, D., & Armanu. (2013). Islamic Bank Service Quality and Trust: Study on Islamic Bank in Makassar Indonesia. International Journal of Business and Management, 8(5), 48–61. https://doi.org/10.5539/ijbm.v8n5p48

Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMPYKPN.

Planit. 2001. Teori Preferensi Konsumen. Ppt: 64. Diakses dari http://syukronali.files.

Roadmap Pengembangan Keuangan Syariah Indonesia. OJK. 2020.

Rusyidiana, Slamet Aam. 2019. Islamic Banking Selection Criteria: Case in Indonesia Using Analytic Network Process. Economica: Jurnal Ekonomi Islam – Volume 10, Nomor 1 (2019): 165 – 188.

Satkunasingam, E., & Shanmugam, B. 2004. Disclosure and Governance of Islamic Banks - A Case Study of Malaysia. Journal of International Banking Regulation 6 (1), 69-81.

Solimun & Fernandes, A. A. R. (2018). The mediation effect of customer satisfaction in the relationship between service quality, service orientation, and marketing mix strategy to customer loyalty, Journal of Management Development, 37(1),76–87. https://doi.org/10.1108/JMD-12-2016-0315

Subagio, Rochmat. 2016. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Pembiayaan Di Bmt Sahara Tulungagung.

Triyuwono Iwan & Moh. As’udi, Akuntansi Syariah: Memformasikan Konsep nLaba dalam Konteks Metafora Zakat, Jakarta: Salemba Empat, 2001.

wordpress.com/2010/05/modul-mikro1.ppt. Pada tanggal 27 Februari 2021.

Weiwei, T. (2007). Impact of Corporate Image and Corporate Reputation on Customer Loyalty: A Review, Management Science and Engineering, 1(2), 57–62. http://dx.doi. org/10.3968/j.mse.1913035X20070102.008




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v8i3.3806

Article Metrics

Sari view : 367 times
PDF - 181 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.