ANALISIS MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK DEPOSITO MUDHARABAH DI BMT NU JOMBANG KC JOMBANG KOTA

Rindi Sapriliyah, Dedi Suselo

Sari


Tujuan dari riset ini adalah untuk menganalisis minat nasabah dalam menggunakan produk deposito mudharabah di BMT NU Jombang KC Jombang Kota. Metode yang digunakan dalam riset ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi Hasil dari riset ini menyatakan bahwa minat nasabah menggunakan deposito mudharabah pada masa pandemic covid 19 adalah berminat. 4 indikator yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan deposito mudharabah pada masa pandemic covid 19 yaitu, Ketertarika, Kesukaan/Perasaan Senang, Perhatian, Keterlibatan dalam Proses. Upaya yang dilakukan pihak BMT NU Jombang KC Jombang Kota yaitu dengan melakukan bauran pemasaran 4P yakni, Promotion, Product, Place, Price. Akan tetapi dalam dalam melakukan sosialisasi disekolah pihak BMT NU Jombang KC Jombang Kota mengalami kendala sebab kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pihak BMT NU Jombang KC Jombang Kota melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat namun tetap mematuhi adanya protocol kesehatan.

Kata Kunci: Minat, Deposito Mudharabah, Covid 19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Calpulis.

Busro, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Expert.

Damayanti, S. (2017). Pengaruh Pandangan Islam, Pelayanan Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang X. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 9(1), 17–34. https://doi.org/10.25105/jmpj.v9i1.1412

elsha natasha.pdf. (n.d.).

Harhap, R. S. P. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada Tabungan Mudharabah Di Bank Muamalat Cabang Balai Kota Medan. Jurnal Al-Qasd, 1(1), 21–39. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/aku/article/view/16812

Jaya, I. (2021). Penguatan Sistem Kesehatan dalam Pengendalian Covid 19. http://p2p.kemkes.go.id

K, N. S. S. (2020). Awal Mula Wabah Covid 19 di Wuhan di Klaim Berasal Dari Makanan Beku Impor. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5286363/awal-mula-wabah-covid-19-di-wuhan-diklaim-berasal-dari-makanan-beku-impor

Kambuaya, C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung. Share : Social Work Journal, 5(2), 157–166. https://doi.org/10.24198/share.v5i2.13140

Kotler, P. (1987). Dasar-Dasar Pemasaran (Edisi 3, J). CV. Intermedia.

Kuntjojo. (2021). Psikologi Pendidikan. GUEPEDIA.

Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. CV. Media Sains Indonesia.

Putri, Y., Solihat, A., Rahmayani, R., Iskandar, I., & Trijumansyah, A. (2019). Strategi meningkatkan Minat Menabung di Bank Syariah melalui Penerapan Religiusitas. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 16(1), 77–88. https://doi.org/10.29313/performa.v16i1.4532

Sudjana, K., & Rizkison, R. (2020). Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 175. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1086

Wiyono, E. H. (2007). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Palanta.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v8i2.3400

Article Metrics

Sari view : 206 times
PDF - 253 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.