STRATEGI BAURAN PROMOSI KOPI PADA INARA COFFEE DI KOTA PADANG

Usmiar Usmiar, Leli Suwita, Yofiana Ulia

Sari


Tujuan yang hendak dicapai dalam pembahasan masalah ini adalah untuk mengetahui penerapan bauran promosi yang dilakukan Inara Coffee pada produknya dan untuk mengetahui tingkat efisiensi penerapan bauran promosi tersebut.

Objek pengamatan dilakukan di Inara Coffee. Metode pemabahasan yang dilakukan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif  kualitatif. Alasan menggunakan metode deskriptif  kualitatif karena permasalahan belum jelas, holistic, komplek, dinamis dan penuh makna sehingga tidak mungkin data pada situasi sosial tersebut dijaring dengan metode penelitian kuantitatif dengan instrument seperti tes, kuesioner, pedoman wawancara.

Strategi bauran promosi yang diterapkan pada Inara Coffee yaitu personal selling, periklanan, publisitas, promosi penjualan, public relations, dan direct marketing.

Dari hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi bauran promosi yang efektif pada Inara Coffee adalah strategi periklanan.

 

Kata kunci: public relations, strategi periklanan, strategi periklanan, personal selling, periklanan, publisitas, promosi penjualan, public relations, dan direct marketing.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andika Yudi (2013). “Analisis Strategi Promosi Kopi Luwak Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Menurut Perspektif Ekonomi Islam”. E Jurnal Manajemen vol 2, no 8, 2302-8912

Assauri Sofjan (2014). “Manajemen Pemasaran”. Edisi Pertama. Jakarta:Rajawali Pers.

Assauri Sofjan (2017). “Strategic Manajemen: Sustainable Competitive Adventages”. Edisi kedua. Depok: Rajawali Pers.

H, Wahyuni (2019). “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT.Hadji Kalla Cabang Gowa”.Jurnal manajemen dan start-up bisnis.Vol 1, no 1, 2019.

Haryanto, Resty Avita (2013).“Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado”. Jurnal EMBA vol.1, no.4, Desember 2013, hal 1465-1473.

Hedynata, Marceline Livia (2016). “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack”.Jurnal manajemen dan start-up bisnis vol 1, no 1, April 2016.

Khasanah, Improatul (2011). “Analisis Pengaruh Atribut Produk, Bauran Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merchandise”. Aset, September 2011 hal 155-163, issn 1693-928X vol.13, no. 1.

Kotler, Amstrong (2012). “Prinsip-Prinsip Pemasaran”.Edisi ketiga .jilid 2. Jakarta:erlangga.

Kurniawan, Agus (2013). “Bauran Promosi Produk Food and Beverage Pada Delico Café Jababeka”. Jurnal administrasi I kantor p-issn: 2337-6694 e-issn: 2527-9769 hal 83-92 2013.

Lauw, Silvia (2014). “Perancangan Promosi Ben’z Resto & Café di Makassar”. Jurnal DKV Adiwarna vol 1, no 4,

Pratama, Willy (2013). “Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai”.Jurnal Manajemen Pemasaran Petra vol.2, no.1, (2013) 1-15.

Rachmawati, Rina (2011). “Peranan Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran)”. Jurnal Kompetensi Teknik vol. 2, no. 2, Mei 2011.

Soegoto, Agus Supandi (2016). “Evaluasi Strategi Promosi Dan Penjualan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT. Astragraphia Tbk Cabang Manado”.Jurnal EMBA vol 4, no 2, juni 2016. Hal 133-143.

Sugiyono (2019).“Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Edisi Pertama. Bandung:ALFABETA.

Tjiptono, fandy (2008).“Strategi Pemasaran”. Edisi Ketiga. Yogyakarta:ANDI.

Yansen, Leon (2016). “Perancangan Promosi Café Sarang Gagak Untuk Meningkatkan Penjualan”. Jurnal Desain Komunikasi Visual vol 5, no 1




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v8i1.3306

Article Metrics

Sari view : 258 times
PDF - 413 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.