PENGARUH ORIENTASI BELANJA, KEPERCAYAAN ONLINE, DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEE

Dian Khoirun Nisak, Diah Dinaloni, Masruchan Masruchan

Sari


Saat ini internet menjadi hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Apalagi di masa pandemi COVID-19 segala sesuatu membutuhkan internet seperti bekerja, sekolah, berbelanja juga melalui internet. Keadaan ini membuat banyak sekali marketplace yang maju dan berkembang, karena marketplace menjadi tujuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah hanya dengan mengandalkan internet. Dari data statistik menunjukkan shopee adalah marketplace yang banyak diminati dan dikunjungi oleh masyarakat karena mengalami kenaikan sebanyak 39juta. Alasan masyarakat memilih shopee karena banyak potongan harga, pengiriman cepat, barang sesuai, harga lebih terjangaku dan banyak gratis ongkir. Hal itu peneliti mengambil penelitian dengan judul pengaruh orientasi belanja, kepercayaan online, dan pengalaman pembelian terhadap minat beli di shopee. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa non-probability sampling, yaitu accidental sampling. Sedangkan untuk peneliti, saya mengambil sampel sebanyak 115 responden. Berdasarkan hasil hipotesis menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh orientasi belanja terhadap minat beli konsumen di Shopee. (2) Ada pengaruh kepercayaan online terhadap minat beli di Shopee. (3) Ada pengaruh pengalaman membeli terhadap minat beli  konsumen di Shopee. (4) Ada pengaruh orientasi belanja, kepercayaan online, dan pengalaman membeli terhadap minat beli konsumen di Shopee. Dengan adanya pengaruh minat beli di shopee yang di pengaruhi oleh faktor-faktor tersebut menjadikan marketplace di Indonesia berkembang pesat terutama shopee sehingga perekonomian di indonesia dimasa pandemi COVID-19 tetap berjalan.


Kata Kunci: Orientasi belanja, Kepercayaan online, Pegalaman pembelian, dan Minat beli


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, B. J. (2020). Impact of covid 19 on consumer Buying Behaviour Toward Online Shopping in Iraq. 267. 267–280. Economic Studies Journal, 18(03), 267-280.

Cholilawati, & Suliyanthini, D. (2021). Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, IX(1), 18–24.

Dahiya, Kapil & Potia, A. (2020). Generous : COVID-19 ’ s Impact on Indonesian Consumer Sentiment. Chicago: McKinsey and Company

Forsythe, S.M. and Shi, B. (2003) Consumer Patronage and Risk Perceptions in Internet Shopping. Journal of Business Research, 56, 867-875.

Hohtoulas, P., Phan, A. T., Mheen, P. van de, Kwan, E., & Kwan, E. (2020). An Indonesian Perspective: Before and After the COVID-19 Outbreak. Consumer Insights Survey 2020

Imari, Sophia, Permana Honeyta lubis, dan Syafrudin Chan, 2017, Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman pembelian sebelumnya terhadap Niat Pembelian Konsumen secara Onlinedengan Perbedaan Gender sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Perspektif Manajemen dan Perbankan Vol. 8, No. 3, November 2017: 49-70

Koch, J., Frommeyer, B., & Schewe, G. (2020). Online shopping motives during the COVID-19 pandemic—lessons from the crisis. Sustainability (Switzerland), 12(24), 1–20. https://doi.org/10.3390/su122410247

Kusuma, D.F., dan Septarini, B.G. (2013). Pengaruh Orientasi Belanja terhadap Intensi Pembelian Produk Pakaian secara Online pada Pengguna Online Shop. JURNAL Psikologi Industri dan Organisasi. 2(1) : 1-10

Parhusip, A.A., dan Lubis, N.I. (2020). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, dan Pengalaman Pembelian terhadap Minat Beli secara Online. EKOMBIS Sains. Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis. 5(2) : 17-28

Rizkiawan. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Di Kalangan Masyarakat Sangatta (Studi Kasus Pada E-Commerce Shopee). Jurnal Eksis, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda. ISSN : 0216-6437, ISSN 2722-9327 (online). Volume 16 No 1 April 2020.

Shim, K. Y., Choo, G. W., & Park, T. J. (2001). Determinants of Using Internet shopping malls. Journal of MIS Research , 10 (1), 279 301.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :

ALFABETA

Supriyadi, S.G., and Pratiwi, N.Y. (2018). Analysis of Factors That Influence The Interest of Buying Consumers At Sticky Rice Milk (Tansu) Stall in English Village Pare Kediri. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR). 2(3) : 66-71

Surapati, U., & Syariful Mahsyar. (2019). Relationship Between Consumer Behavior, Discounts and Purchase. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699

Wani, Tahir Ahmad, dan Saiyed Wajid Ali. ( 2016). Determinants of OnlinePur-chase Intentions: A Study of Indian Buyers. Amity Journal of Management Research 1(1), (94–109) ©2016 ADMAA.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v8i1.3299

Article Metrics

Sari view : 542 times
PDF - 304 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.