ANALISIS PENGARUH PRIVASI, KEAMANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT UNTUK BERTRANSAKSI SECARA ONLINE DI LAZADA

Riche Fermayani, Romi Rianto Harahap, Rafinda Rahmat

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh privasi, keamanan, dan kepercayaan terhadap niat untuk bertransaksi secara online di Lazada. Sampel yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen Lazada di Kota Padang. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa variabel privasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk bertransaksi secara online yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < alpha 0,05. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa variabel keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk bertransaksi secara online yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < alpha 0,05. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat untuk bertransaksi secara online yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,031 < alpha 0,05. Berdasarkan uji f simultan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa privasi, keamanan, dan kepercayaan secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap niat untuk bertransaksi secara online. Besarnya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 80,1%, sisanya sebesar 19,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

 

Keyword : Privasi, Keamanan, Kepercayaan, dan Niat Untuk Bertransaksi Secara Online

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fatmawati, Herdandi. 2015. E-Commerce Di Era Digital. Jakarta : Salemba Empat

Fauzan, Mohammad Nurdin, 2013, Application of Privacy, Security and Ethics in Islamic Concerned ICT, Middle-East Journal of Scientific Research 14 (11) : 1548-1554.

Hermanto, Adhitya. 2015. Analisis Pengaruh Privasi, Keamanan, dan Kepercayaan Terhadap Niat Bertransaksi di Lazada.co.id. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2017. Ekonometrika, Teori Konsep dan Aplikasi Dengan IBM SPSS 24. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang

Khan, I. et.al. 2012. Impact of Brand Related Attributes on Purchase Intention of Customers. A Study About the Customers of Punjab, Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business.

Kotler, dan Keller. 2012. Marketing Management. 14th. Person Education

Laudon, Kenneth dan Jane P Laudon. 2015. Sistem Informasi Manajemen, Mengelola Perusahaan Digital. Jakarta : Salemba Empat

Nugroho, Bagus Setiyo. 2018. Pengaruh Persepsi Kepercayaan, Kemudahan, Keamanan, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Transaksi Menggunakan Sistem E-Commerce. (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Peter J. Paul dan Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Pratama, I Putu Agus Eka. 2015. E-commerce, E-bisnis dan Mobile Commerce, Informatika. Bandung

Setyawan dan Anita Susila. 2017. Perilaku Konsumen Online. Cetakan Pertama. Salemba Empat. Jakarta

Setyawati, Tutik. 2016. Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli Produk Online Shop Dengan Norma Subjektif Sebagai Variabel Moderasi. Program Studi Magister Manajemen. Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Volume 10 Nomor 2

Siagian, Hotlan dan Cahyono, Edwin. 2014. Analisis Website Quality, Trust dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 2.

Soediro. 2018. Prinsip Keamanan, Privasi, Dan Etika Dalam Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik Dalam Perspektif Hukum Islam. Fakultas Hukum. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Kosmik Hukum Volume 18 Nomor 02. ISSN 1411-9781

Sopiah dan Etta Mamang Sangadji. 2018. Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis. Yogyakarta : CV. Andi

Statistik dan Data Portal. 2019. https://databoks.katadata.co.id

Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Alfabeta : Bandung

Syaifudin, Muhammad. 2014. Analisis Pengaruh Privasi, Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Secara Online di OLX.CO.ID. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya. Volume 02 Nomor 02

Tonggiroh, Mursalim. 2016. Analisis Pengaruh Privasi dan Kepercayaan Berdasarkan Pengalaman Konsumen Terhadap Online Shop. Program Studi Sistem Informasi. Fakultas Teknik dan Sistem Informasi. Universitas Yapis Papua. Jurnal Ilmiah Teknik dan Informatika. Volume 1. Nomor 1.

Undang-Undang ITE Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v8i1.3224

Article Metrics

Sari view : 492 times
PDF - 1100 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.