ANALISIS PENERAPAN SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING PADA PERUSAHAAN DAPUR TAHU ALAMI LUBUK BUAYA PADANG

Asrizal Zein, Monika Nur Oktavia

Sari


Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan segmenting, targeting, dan positioning yang dilakukan oleh Perusahaan Dapur Tahu Alami Lubuk Buaya Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik Editing, Classification, Verification, Analysis, dan Concluding. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa Perusahaan telah menerapkan segmentasi secara geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Untuk target pasar Perusahaan sudah menargetkan pasar sasaran utama wilayah Koto Tangah, dan lingkungan sekitarnya. Dan untuk posisi pasar tahu putih dikenal tahu alami tanpa pengenyal, tahu kuning dikenal tahu alami warna kunyit tanpa pengenyal, dan tahu bakso dikenal tahu alami rasa bakso tanpa pengenyal.

Kata Kunci : Segmenting, Targeting, positioning


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kartajaya, Hermawan dan Sula, Muhammad Syakir. (2006). Syariah Marketing. Penerbit Mizan, Bandung

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Manggu, Blasius dan Beni, Sabinus . (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Jurnal Sebatik Vol. 25 No. 1 Juni 2021.

Nazir, Muhammad. (1988). Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sakaran, Uma, (2011). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Terjemahan oleh Kwan Men Yon. Edisi 4. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Tjiptono, Fandy, (2008). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi Yogyakarta

Wijaya, Hari dan Sirine, Hani (2016). Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok di Cilacap. AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (e-ISSN: 2477- 0574 ; p-ISSN: 2477-3824) Vol. 01, No. 03, September 2016.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v7i3.2863

Article Metrics

Sari view : 485 times
PDF - 1514 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.