FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT KOTA PADANG DALAM MEMILIH APLIKASI BUKALAPAK, SHOPEE DAN TOKOPEDIA DIMASA PANDEMI COVID19

Raftul Fedri, Tri Irfa Indrayani

Sari


ABSTRAK :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui orientasi konsumen dalam memilih aplikasibelanja online pada aplikasi Tokopedia, Shopee dan Bukalapak, sekaligus menemukan faktor-faktoryang mempengaruhinya. Jenis penelitian adalah Studi deskriftif dimana Responden adalahmasyarakat kota Padang dengan populasi berjumlah 80 orang dengan teknik pengambilan sampelmenggunakan metode non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Darihasil penelitian diperoleh pasar belanja online melalui aplikasi online dimasa pandemi Covid19 yangbanyak digunakani oleh masyarakat adalah aplikasi Shoopee.Faktor yang dikeluarkan dari analisisfaktor dalak penelitian ini adalah faktor budaya..Terdapat 1 faktor yang terbentuk dari 3 variabelyang di analisis,dengan. Nilai Eigenvalue komponen 1 sebesar 1,304 atau >1 dan mampumenjelaskan 43.466 % variasiKata Kunci: Market place, Transaksi Online,Aplikasi Online, e-commerce

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amanah, D., Harahap, D. A., & Lisnawati, D. (2017). Exploring Online Purchase Decision Among

University Students in Indonesia. Journal of Humanities and Social Science, 22(5), 72–77.

https://doi.org/10.9790/0837-2212057277

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018b). Examining The Effect of Product Assortment and Price

Discount Toward Online Purchase Decision of University Student in Indonesia. Jurnal Manajemen

Dan Kewirausahaan, 20(2), 99–104. https://doi.org/10.9744/jmk.20.2.99

Damiati, Dkk. (2017). Perilaku Konsumen. Raja Grafindo Persada: Kota Depok

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/peta-persaingan-e-commerce-indonesiapada-kuartal-ii-2020

Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP.

Mohammad Anisur Rahman, Md. Aminul Islam, Bushra Humyra Esha, Nahida Sultana & Sujan

Chakravorty | (2018) Consumer buying behavior towards online shopping: An empirical study on

Dhaka city, Bangladesh, Cogent Business & Management, 5:1, 1514940

Kotler, P. and Keller, K. L. (2012). Marketing Management (fourteenth edition). USA:Pearson.

Kotler,Phillip and Armstrong, Gary (2011,) Principle of Marketing 14th ed Publisher Pearson

Prentice Hallhttps://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/

Sharma N. (2018), Consumers’ perception on online shopping, International Journal of Academic

Research and Development ISSN: 2455-4197, Volume 3; Issue 1; January 2018; Page No. 833-837.

Vikas & Kumar V. (2017), “A Study on Consumer Perception toward Online Shopping”, IOSR

Journal of Business and Management (IOSR-JBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668.

Volume 19, Issue 8. Ver. I. (August 2017), PP 32-35.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v7i1.2858

Article Metrics

Sari view : 424 times
PDF - 1129 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.