PENGARUH POTONGAN HARGA, PROMOSI PENJUALAN, TAMPILAN DALAM TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN MATAHARI DEPARTEMENT STORE PADANG
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan, Tampilan Dalam Toko Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Konsumen Matahari Departement Store Padang. Sampel yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen Matahari Departement Store Padang. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa variabel potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,047 < alpha 0,05. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < alpha 0,05. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa tampilan dalam toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < alpha 0,05. Berdasarkan uji f simultan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa potongan harga, promosi penjualan, dan tampilan dalam toko secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif pada Matahari Departement Store Padang. Besarnya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 80%, sisanya sebesar 20% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.
Kata kunci : Potongan Harga, Promosi Penjualan, Tampilan Dalam Toko, dan Keputusan Pembelian Impulsif
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amanah, D., & Pelawi, S. P. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) Terhadap Impulsive Buying Produk Matahari Plaza Medan Fair. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/SBDE3
Baskara, I. B. (2018). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) (Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Department of Management FEB UMM, 87–96.
Clara, M. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Ibu Rumah Tangga (Studi Kasus Department Store di Kota Bogor). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 01(01).
Ghozali, I. (2017). Ekonometrika : Teori, Konsep dan Aplikasi Dengan IBM SPSS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. dan K. L. K. (2018). Manajemen Pemasaran (edisi 13). jakarta: PT. Indeks.
Kristiawan, A. (2018). Pengaruh Potongan Harga , Bonus Kemasan , Tampilan dalam Toko terhadap Keputusan Pembelian Impulsif ., 6(Kotler 2010), 30–44.
Ma’arif, R. (2017). Strategi Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Machfoedz, M. dan M. M. (2015). Kewirausahaan (Metode, Manajemen, dan Implementasi). Yogyakarta: BPFE - Yogyakarta.
Melysa, D. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Pelanggan Swalayan Surya Tirtayasa, Bandar Lampung. Ekonomi Dan Bisnis, 01(01).
Mowen dan Minor. (2012). Perilaku Konsumen Jilid 1 (Edisi 5). Jakarta: Erlangga.
Sari, D. R. (2018). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Giant Ekstra Banjar. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1).
Sugiyono. (2017). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.
Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: CV. Andi.
Utami, C. W. (2016). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Viona, L. S. (2018). Analisis pengaruh Promosi Penjualan Dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Pembelian Secara Impulsif Pada Toko Buku Gramedia (PT. Gramedia asri Media) di Manado. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen, 6(3), 1628–1637.
www.ceicdata.com, tanggal akses 10 Juni 2019
www.databoks.com, Tanggal Akses 10 Juni 2019
DOI: https://doi.org/10.31869/me.v7i3.2836
Article Metrics
Sari view : 2953 timesPDF - 1953 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXING BY :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.