Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Merek Produk Kosmetik Wardah di Surabaya Selatan

Dwi Ari Lestari, Nurhadi Nurhadi

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gabungan citra merek dan kualitas produk serta menganalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas merek produk kosmetik Wardah di Surabaya Selatan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan kosmetik Wardah di Surabaya Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode pengujian data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara simultan dan parsial citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek produk kosmetik Wardah di Surabaya Selatan.

 

ABSTRACT

 

This research aims to determine the joint effect of brand image and product quality and to analyze the effect of brand image and product quality on brand loyalty of Wardah cosmetic products in South Surabaya. The population used in this study are all consumers who use Wardah cosmetics in South Surabaya. The sample used in this study were 100 respondents using purposive sampling technique. The data collection technique of this research used a questionnaire. The data testing methods used are validity test, reliability test, classical assumption test, t test, f test, and multiple linear regression analysis. The results of the study can be seen that simultaneously and partially brand image and product quality have a positive and significant effect on brand loyalty of Wardah cosmetic products in South Surabaya.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bilson, Simamora. 2013. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Jakarta : PT. Gremedia Pustaka Utama.

Febriyanto Ngabis, dkk 2021. Pengaruh Citra Merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) pada produk air minum dalam kemasan merek aqua (studi kasus pada konsumen AMDK merek aqua di kota gorontalo). Jurnal ISSN 2622-1616, Vol 4, No 1. 2021.

Kotler, Kevin Lane . 2013. Strategic Brand Management (Building, Measuring, and Managing Brand Equity), Fourth Edition. New Jersey : Practic Hall

Kotler,Philip & Gary Armstrong. 2014. Principle Of Marketing. 15th edition. New Jersey : Pearson Printice Hall.

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin. 2016. Marketing Management 15 edition. New Jersey : Pearson.

Putri, E.A., Apriatni, E.P., dan Wijayanto, A. 2013. Pengaruh Perluasan Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sampo Dove di Semarang. Dipenogoro Journal of Social and Politic, pp:1-6.Rangkuti, Freddy. 2013. The Power Of Brands. Jakarta: PT. Gremedia Pustaka Utama.

Ridho, Suharyono (2017). Pengaruh kualitas Produk Terhadap pada Brand Image dan Dampaknya Pada Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan kartu prabayar Simpati, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 53 No. 1.

Salim, Fanny Fibriyanti., & Dharmayanti, Diah. 2014. Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Mobil Toyota di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1): 1-8.

Santoso, Singgih. 2014. Statistik Parametrik Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Schiffman, 1.G. dan Kanuk, Leslie L. 2013. Consumer Behavior. 8th dition. New Jersey : Practic Hall

Sondakh (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol.3, No.1, 2014:19-32.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitaf Kualitatif R&B. Bandung : Alfabeta.

Suwarni. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas. Jurnal Ekonomi Bisnis. (16)1, pp:76-84.

Non Buku

www.topbrand-awaard.com

https://www.wardahbeauty.com/




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v7i2.2714

Article Metrics

Sari view : 3160 times
PDF - 2596 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.