KETIMPANGAN PENDAPATAN, KEPUASAN KERJA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU HONORER TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA PADANG

Tria Dara Andiza, Delfia Tanjung, Sosmiarti Sosmiarti

Sari


Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan pendidikan yang penting, termasuk Guru Taman kanak-kanak yang menjadi tumpuan utama untuk menghasilkan SDM yang berkualitas. Namun terjadi ketimpangan pendapatan di antara guru honorer, kepuasan kerja dan pelatihan guru di tingkat Taman Kanak-kanak yang sangat perlu diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ketimpangan pendapatan dan mengukur hubungan kepuasan kerja dan pelatihan terhadap kinerja guru honorer Taman Kanak-kanak di Kota Padang. Penelitian ini mengukur ketimpangan pendapatan pada guru honorer Taman Kanak-kanak, mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru, dan pelatihan terhadap kepuasan kerja guru serta pelatihan terhadap kinerja guru. Dengan menggunakan indeks gini ratio dan Analisis Structural Equation Model (SEM-PLS) hasil penelitian menunjukkan ketimpangan pendapatan guru honorer taman kanak-kanak didapat sebesar 0,23328 yang berarti ketimpangannya rendah, artinya bahwa tingkat ketimpangan pendapatan guru honorer hampir merata sedangkan pelatihan berpengaruh terhadap kepuasan kerja, kinerja guru honorer Taman kanak-kanak dan kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru.
Kata kunci: Ketimpangan Pendapatan, Kepuasan Kerja, Pelatihan, Kinerja Guruhonorer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Canita, P. L., Haryono, D., & Kasymir, E. (2017). Analisis Pendapatan dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Pisang di Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 5(3), 235–241.

Conti, Gabriella & Heckman, J. J. (2000). Early childhood development: Early Childhood Development: Creating Healthy Communities with Greater Efficiency and Effectiveness, 327–337.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Jeekins, S. (1999). Analysis Of Income Distribution (Stata Tech).

Kusumawardhani, P. N. (2017). Does teacher certification program lead to better quality teachers? Evidence from Indonesia. Education Economics, 25(6), 590–618. https://doi.org/10.1080/09645292.2017.1329405

Kwong, K & Wong, K. (2013). Partial Least Squares Strctural Equation Modelling (PLS-SEM) Technical Using Smart PLS (Bulletin,).

Rivai H & Sagala, E. (2010). Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Stephen P. Robbins. (2001). 9th edition by Stephen P. Robbins San Diego State University. International, Prentice Hall.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v7i1.2541

Article Metrics

Sari view : 27 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Kunjung Saat Ini