PENGARUH PAD, DAU DAN DAK TERHADAP KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH PROVINSI DI PULAU SUMATERA TAHUN 2010-2016

Puguh Setiawan, Rina Widiyanti, Liesma Maywarni Siregar, Nurhaida Nurhaida, Elmi Oktavia

Sari


Dewasa ini peran otonomi daerah semakin meningkat. Otonomi memberi kesempatan kepada Daerah untuk mengatur keuangannya secara mandiri dan maksimal. Penelitian ini bertujuan mengungkap pengaruh PAD, DAU dan DAK terhadap kemandirian keuangan daerah Propinsi. Menggunakan model data panel maka terpilih bahwa model panel terbaik untuk penelitian ini adalah Fixed Effect Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya PAD yang memiliki pengaruh positif terhadap Kemandirian Keuangan Daerah, sementara DAU dan DAK tidak memiliki pengaruh. DAU dan DAK tidak memiliki peran dalam meningkatkan Kemandirian Keuangan Daerah. Kondisi ini dapat dipahami karena untuk pengelolaan dan penggunaan DAU dan DAK ini masih ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.
Kata Kunci: PAD, DAU, DAK, Kemandirian Keuangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bisma, I Dewa Gde dan Susanto Hery, (2010). Evaluasi Kinerja Keuangan Daerah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun Anggaran 2003-2007. Ganec Swara Edisi Khusus Universitas Mataram, Vol. 04 No. 03 Hal 75-86.

Febriansyah, Abdullah (2015). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Sumatera Bagian Selatan. Artikel Ilmiah. Universitas Bengkulu.

Febriantoko, Jovan (2017). Analisis Kemampuan Keuangan dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi di Pulau Sumatera. Jurnal Akuntansi. Palembang: STMIK-Politeknik Palcomtech.

Halim, Abdul dan Kusufi (2012). Akuntansi Sektor Publik, Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Empat.

Mahmudi (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mardiasmo (2004). Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Marizka Reza, (2013). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus terhadap Kemandirian Daerah pada Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat (Tahun 2006-2011). Jurnal Akuntansi. Universitas Negeri Padang.

Mukarramah Habibatul, (2017). Pengaruh Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Kemandirian Keuangan Daerah di Lima Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat Tahun 2008-2014. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Muliana, (2009). Pengaruh Rasio Efektifitas PAD, DAU dan DAK terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah. Artikel Ilmiah. Universitas Sumatera Utara.

Prahutama, Alan dkk. (2014). Modul Praktikum Ekonometrika. Fakultas Sains dan Matematika. Semarang: Universitas Diponegoro.

Tahar, Afrizal dan Maulida Zakhiya. (2011). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Kemandirian Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah. Jurnal Akuntansi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. (2007). Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v7i1.2536

Article Metrics

Sari view : 153 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Kunjung Saat Ini