PENGARUH MEDIA COVERAGE TERHADAP UNDERPRICING INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA

Jingga Novebreza Islah, Fajri Adrianto

Sari


Perusahaan membutuhkan sumber dana yang besar untuk mempertahankan eksistensinya. Salah satu cara untuk mendapatkan dana tersebut adalah dengan melakukan IPO. Dalam proses IPO terdapat fenomena underpricing dan overpricing yang salah satunya dipengaruhi oleh peran media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media coverage terhadap underpricing IPO yang diproxikan dengan initial return saham. Objek penelitian adalah perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada kurun 2012-2017. Sebanyak 76 perusahaan dari berbagai industri yang mengalami underpricing IPO yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling menjadi sampel penelitian ini. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media online nasional berpengaruh negative dan tidak signifikan sedangkan media online internasional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap initial return saham sehingga media coverage tidak berpengaruh terhadap underpricing IPO.

Kata Kunci: Media Coverage, Media Online Nasional, Media Online Internasional, dan Underpricing IPO

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Amelia, P. (2020). Jurnal Manajemen Strategi dan Simulasi Bisnis (JMASSBI) Vol 1 No. 1 2020. 1(1), 49–65.

Basuki, Agus Tri and Prawoto, Nano. 2016. Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis : Dilengkapi Aplikasi SPSS & EVIEWS. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Bhattacharya, U., Galpin, N., Ray, R., & Yu, X. 2009. The role of the media in the internet IPO bubble. Journal of Financial and Quantitative Analysis, 44(3), 657–682.

Carey, P., Fang, V., & Zhang, H. F. 2016. The role of optimistic news stories in IPO pricing. Journal of International Financial Markets, Institutions and Money, 41, 16–29.

Engelberg J, Parsons C . 2011 The causal impact of media in financial markets. J. Finance 66(1):67–97

Gabriela, L. S. 2013. Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi Initial Return setelah Initial Public Offering ( IPO ). FINESTA, 1(2), 67–72.

Gautama, A., Diayudha, L., & Puspitasari, V. A. 2015. Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi Initial Return setelah Initial Public Offering ( IPO ). Jurnal Administrasi Kantor, 3(2).

Guldiken, O., Tupper, C., Nair, A., & Yu, H. 2017. The impact of media coverage on IPO stock performance. Journal of Business Research, 72, 24–32.

Ghozali, Imam.2011. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Edisi V. Semarang: Universitas Diponegoro

Hadi, Nor. 2013. Pasar Modal: Acuan Teoretis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modal. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Indriani, S., & Marlia, S. 2013. The evidence of IPO underpricing in Indonesia 2009 - 2013. Review of Integrative Business and Economics Research, 4(1), 299–316.

Jogiyanto, HM. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Kedua, Yogyakarta : BPFE

Kraus, K., & Strömsten, T. 2012. Going public: The role of accounting and shareholder value in making sense of an IPO. Management Accounting Research, 23(3), 186–201.

Latan, Hengky. 2014. Aplikasi Analisis Data Statistik Untuk Ilmu Sosial Sains dengan IBM SPSS. Bandung: Alfabeta

Liu, L. X., Sherman, A. E., & Zhang, Y. 2007. Media coverage and IPO underpricing. AFA 2009 San Francisco Meetings Paper, 2007.

Liu, L. X., Sherman, A. E., & Zhang, Y. 2008. The Role of the media in Initial Public Offerings *. SSRN Working Paper.

Liu, L. X., Sherman, A. E., & Zhang, Y. 2014. The long-run role of the media: evidence from Initial Public Offerings. Management Science, 60(8), 1945–1964.

Martono, Nanang.2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta : Rajawali Pers.

Murphy, P. 2010. The intractability of reputation: Media coverage as a complex system in the case of Martha Stewart. Journal of Public Relations Research, 22(2), 209–237

Pollock, T., & Rindova, V. 2003. Media legitimation effects in the market for initial public offerings. Academy of Management Journal, 46, 631–642.

Putra, I. P. E. P., & Sudhjarni, L. K. 2017. Pengaruh reputasi underwriter, ukuran perusahaan, dan jenis industri terhadap underpricing Saat IPO di BEI. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(1), 492–520.

Ragas, M., Kim, J., & Kiousis, S. 2011. Agenda-building in the corporate sphere: Analyzing influence in the 2008 Yahoo!—Icahn proxy contest. Public Relations Review, 37(3), 257–265.

Schulz, F., & Schöllin, L. 2006. The media coverage and its influence on the share price in an Initial Public Offering. Master Thesis.School of Ekonomic and Commersial Law.Goteborg University.

Sekaran, Uma. 2011. Metodologi Penelitian untuk Bisnis.Buku 1.Jakarta :Salemba

Seng, J., Yang, P., & Yang, H. 2017. Initial public offering and financial news. Journal of Information and Telecommunication, 1(3).

Strauss, N., & Meer, T. G. L. A. van der. 2017. News media coverage and initial public offerings in Germany: explaining flotation performance Initial, Corporate Communications, 22(4), 523–541.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sukandarrumidi. 2012. Metodologi penelitian. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Sunariyah. 2004. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal; Edisi Keempat. Yogyakarta: UMP AMP YKPN

Suwardi, A. 2011. (Modul Stata) tahapan dan perintah (syntax) mengolah data panel. Computing laboratory of economics department. Universitas of Indonesia. Depok.

Tong, S. C. 2013. Media reputation in Initial Public Offerings: A study of financial news coverage in Hong Kong. Public Relations Review, 39(5), 470–483.

Wijaya, Tony. 2012. Cepat Menguasai SPSS 20 untuk olah dan Interpretasi Data. Yogyakarta :Cahaya Atama Pustaka. 2014




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v7i1.2535

Article Metrics

Sari view : 514 times
PDF - 491 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.