PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Sub Bagian Umum Kantor Politeknik Negeri Padang)

Henny sjafitri

Sari


Abstrak
Kepemimpinan transformasional yang menggunakan pendekatan memotivasi karyawan, sehingga dapat berkembang dan mencapai kinerja pada tingkat yang tinggi. Sedangkan kepemimpinan situasional merupakan gaya kepemimpinan yang menitik beratkan kepada bawahan dimana seorang pemimpin menerapkan gaya kepemimpinan sesuai dengan situasi yang dihadapi, baik situasi secara personal maupaun secara tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja pegawai pada Sub Bagian Umum kantor Politeknik Negeri Padang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Analisis data menggunakan uji validitas, uji realibitas, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda, dan analisis koefisien determinasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling. Sedangkan teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah sampling jenuh yang berjumlah 79 orang. Instrumen penelitian yang digunakan model Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama gaya kepemimpinan transformasional dan gaya kepemimpina situasional berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Sub Bagian Umum Politeknik Negeri Padang dengan nilai Fhitung > nilai Ftabel = 12.510 > 3,115 dan nilai signifikan 0,000 ≤ level of significant (α) = 0,05. Secara parsial gaya kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap kinerja dengan nilai thitung ≤ ttabel = 0.588 < 1,66488 dan nilai signifikansi 0,559 > level of significant (α) = 0,05. Dan gaya kepemimpinan situasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dengan nilai nilai thitung > ttabel = 3,811 > 1,66488, dan nilai signifikansi 0,000 ≤ level of significant (α) = 0,05. Nilai koefisien determinasi pada penelitian ini adalah 0,228 atau 22,80%, kemudian sisanya sebesar 77,20% dipengaruhi oleh variabel yang bukan variabel penelitian ini.

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Gaya Kepemimpinan Situasional, Kinerja Pegawai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badeni. 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Dwiyani, Dini dkk. 2018. Gaya kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru sebagai Determinan Kinerja Guru. Jurnal eprock. Diakses tanggal 28 Oktober 2019.

Hasibuan, Malayu S.P. 2014. Manajemen, Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Indrasari, Meithiana. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreatifitas Individu, dan Karakterisktik Pekerjaan. Jakarta: Indomedia Pustaka.

Ivancevich, et al. 2013. Perilaku dan Manajemen Organisasi Ed. 7. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kusuma dan Ririn .2017. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM).Yogyakarta:Gosyen Publishing

Pradana, dkk. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Mustika Bahana Jaya, Lampung. Jurnal eprock. Diakses tanggal 28 Oktober 2019

Priyatno, Duwi. 2012. SPSS Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Putri, Sekar Nindita Adila. Iskandar, Dadang. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor cabang Ngawi Jawa Timur. Jurnal eporck. Diaksen tanggal 28 Oktober 2019.

Rahadi, Dedi Rianto. 2010. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Ridwan dan Sunarto. H.2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung.: Alfabeta

Robbins, S. dan Judge, T. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sofyandi, H. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: CV. Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Sunyoto, Danang. Burhanuddin. 2015. Teori Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Sutrisno, E. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Pranadamedia

Tarlis, Andi. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Bank Mandiri Cabang Langsa. Jurnal eprock. Diakses tanggal 28 Oktober 2019.

Wibowo. 2019. Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Wijaya, Candra. 2017. Perilaku Organisasi. Medan: LPPI.

Wilson Bangun. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Erlangga




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v6i3.2204

Article Metrics

Sari view : 100 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Kunjung Saat Ini