PEMBIAYAAN MURABAHAH: ANALISIS PERSEPSI NASABAH

Mira wati

Sari


Jurnal ini memperkuat penelitian dari Metawa S.A dan Almossawi M, yang berjudul
“Banking Behavior of Islamic Bank Costumer: Perspectives and Implications, Bank
Marketing” (1998). Mereka menyimpulkan bahwa keputusan konsumen dalam memilih
bank Islam didorong oleh faktor agama, di mana konsumen menekankan kepatuhan
terhadap prinsip-prinsip Islam. Selanjutnya, keputusan juga termotivasi oleh faktor faktor
keuntungan, keluarga dan teman-teman, dan lokasi bank. Faktor-faktor tersebut
selanjutnya dikaitkan dengan karekteristik responden seperti umur, pendapatan dan
pendidikan. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, faktor utama yang
mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pembiayaan murabahah di Bank Muamalat
Indonesia cabang Pekanbaru, dapat disimpulkan bahwa faktor pribadi hanya ditunjukkan
oleh pembiayaan murabahah berlandaskan moral dan saling percaya. Faktor lingkungan
juga hanya ditunjukkan oleh aksesibilitas pembiayaan murabahah cepat dan mudah.
Masyarkat banyak memilih faktor obyek dalam mempengaruhi persepsi mereka terhadap
pembiayaan murabahah diantaranya adalah pembiayaan murabahah popular di
masyarakat, karyawan sangat professional dan dapat dipercaya, biaya administrasinya
murah, sikap karyawan ramah, simpati, dan murah senyum, sosialisasi dan promosi
pembiayaan murabahah telah mencapai seluruh lapisan masyarakat, promosi pembiayaan
murabahah diketahui lewat hubungan personal da kerabat, prosepek perkembangan
pembiayaan murabahah sangat baik,informasi pembiayaan diketahui lewat media cetak
dan televise.
Kata kunci : Pembiayaan Murabahah, persepsi nasabah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Karim Adiwarm, Bank Islam: analisis fiqh dan keuangan, Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada, 2009.

Ahmad Ibnu Qudamah, Syamsudin Abu al-Farj bin Abdurramahman bin Syaikh al-Imam al-‘Alim

al-Amil al-Zahid Abu Umar Muhammad (w.682H) Al-Sharh al-Kabir. Jilid II (Riyad :

Jami’ah al-Imam Muhammad bin Su’ud al-Islamiyah, Tt)

‘Abd ar-Rahman al-Jaziri, al-Fiqh ‘ala al-Mazahibh al-arba’ah (Beirut: Dar al-Fikr al ‘Ilmiyyah,

jld II

Al-kassani, Ba’dai al Shana’i (Beirut: Dar al-Kitab al-Araby, Cet 2, 1982) Juz 5.

A. Mannan, Ekonomi Islam Teori dan praktek, (Terjemahan Abd. Rasyid) (Yogyakarta: Seri

Ekonomi Islam, Dana Bakti Wakaf, Prima Yasa, 1997

Ataul Haque, Reading in Islamic Banking (Dhaka: Islamic Foundation 1987) bandingkan dengan

pendapat Mannan, MA, Ekonomi Islam Teori dan Praktek, Seri Ekonomi Islam

(terjemahan), Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf, 1992

Dewan Syariah Nasional -MUI, Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional, (Jakarta : Majelis

Ulama Nasional , 2006

Fayadh Abd al-Mun’im Hasanain, Bay al-Murabahah fi al-Masyarif al-Islamiyah (Kairo: al-

Ma’had al-alami li al-Fikri al-Islami, 1996.

Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, cet. Ke-2 Bandung: Mizan,

Himpunan Peraturan Perundang-Undangan, Undang-Undang Perbankan Syariah dan Surat

Berharga Syariah Bandung: Fukusmedia, 2008.

Ibnu Manzhur, Lisan al ‘Arab Juz III Ttp: Dar al-Ma’ârif.

Indonesian Commercial Newsletter “Laporan Market Intelligence Perkembangan Sistem Bank

Syariah di Indonesia” Monthly Raeport (2009) http://www.datacon.co.id/bankSyariah.html

J.P Chaplin, Kamus Lengkap (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004) Cet. 9 Ed. 1

Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta : Tim Pustaka Phoenix, 2007

Kotler, Philip Marketing Management : Analisis, Planning,, implementation, and control 11th

Edition (New Jersey: Prantice – Hall International Inc, 2003

Michael R. Solomon, Consumer Behavior: buying, having, and being 3th edition (New Jersey:

Prentice – Hall International, 1996

Muliriwan, “Analisis Persepsi Masyarakat Tentang Produk Perbankan Konvensional Dan

Pengaruhnya Terhadap Pencapaian Segmen Pasar Perbankan Syariah” 20 Agustus 2010

http://mul1rawan.wordpress.com/category/analisispersepsimasyarakattentangprodukperban

kan

Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Ibn Rusyd al- Qurthubi, bidayat al- Mujtahid wa Nihayat

al-Muqtashid (Beirut: Dar al-Fikr, t.t) JUZ II

Muhammad bin Ahmad Bin Rusydi al-Qurtubi, Bidayah al-Mujtahid wa Nihayah al-Muqtashid

(Jeddah: Al-Haramain, t.t) JUZ 2

Muhammad Nejatullah Siddiqi, Issue In Islamic Banking The Islamic Foundation London.: tp,

Muhammad ibn Idris al-Syafi’i (w. 204 H), al-Umm (Kairo: Maktabah Kulliyat al-Azhariyah,

M) Pembahasan lebih lanjut tentang konsep ini, Sami Hasan Hamoud, Tathwiral-

A’mal al-Mushrafiyyah bima yattafiqu al-Syari’ah al-Islamiyyah (Amman: Matbaatu al-

Syarq wa Maktabatuha, 1982)

Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Ibn Rusyd al- Qurthubi, bidayat al- Mujtahid wa Nihayat

al-Muqtashid Vol. II 216

P. Robbins, Stephen Organizational Behavior, 9th Edition, New Jersey : PRentice-Hall

Internasional 2001

Rita Damayanti, Dasar-dasar Psikologi Jakarta: FKM UI, 2000

Sayyid Sabiq, Fiqh Al-Sunnah (Beirut: Dar el – Fikr, 1992) Vol. 12 h. 83. Lihat juga Ibnu Rusyd,

Bidayah al-Mujtahid (Semarang: Toha Putra, tt) Juz II h. 161. Lihat pula Taqyyudin Abi

Bakar, Kifayat al-Akhyar fi Halli Ghayat al- Ikhtishar Juz II, (Bandung : Syirkah Al-

Ma’arif, tt) h. 239 lihat pula Muhammad Rawis Qal’ahji dan Hamid Shadiq Qaniby,

Mu’jam Lughat al-Fuqaha (Beirut: Dar al-Kitab al-‘Araby, 1996), cet. III

Wahbah Al-Zuhaili, Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh Damaskus: Dar al-Fikr, 1989 jld. IV

Wiroso, Jual Beli Murabahah Yogyakarta, UII Press, 2005




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v3i5.213

Article Metrics

Sari view : 66 times
PDF - 820 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Kunjung Saat Ini