ANALISIS PENERAPAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY2 (UTAUT2) PADA ADOPSI PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL OVO DAYEUH KOLOT BANDUNG (Studi kasus pada Generasi Z sebagai pengguna OVO)

dila oktafani, Kristina Sisilia

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan teknologi di era digital pada saat ini yang mana penggunanya di tawarkan dengan berbagai kemudahan dalam mengakses berbagai informasi dari internet. Perkembangan teknologi ini membuat seluruh aktivitas berubah menjadi serba instan. Salah satunya yang berubah yaitu dalam sistem pembayaran. Pembayaran non tunai sekarang makin berkembang terlebih dengan adanya smartphone, pengguna semakin dimudahkan tanpa harus membawa kartu atau dompet. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kini hadir dompet digital atau e-wallet untuk mewujudkan cashless society.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan minat menggunakan dompet digital OVO sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan. Penelitian ini menggunakan model UTAUT2. Pada penelitian ini objek penelitian yang diambil yaitu generasi Z. Generasi Z adalah Generasi paling muda yang baru memasuki angkatan kerja atau disebut juga iGeneration atau generasi internet. Metode yang diguanakan pada penelitian ini adalah metode kauntitatif dengan menggunakan 100 sampel responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software smartPLS versi 2.0 dan uji validitas dan realibilatas dengan menggunakan software SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa social influence, facilitating condition, hedonic motivation dan price value memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavior intention. Yang mana nilai t-statistik tertinggi yaitu price value 2,405. Sedangkan variabel independen lainnya seperti performance expectancy, effort expectancy dan habit tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavior intention. Sementara itu facilitating condition, habit dan behavior intention terbukti secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap use behavior.


Kata kunci :Adopsi,Behavior intention ,Mobile application, SEM-PLS,UTAUT2

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amallia Ispriandina. (2019). Faktor-Faktor Penerimaan Teknologi Yang Mempengaruhi Intensi Kontinuitas Penggunaan Mobile Wallet Di Kota Bandung. Jurnal Administrasi Niaga.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), “Hasil Survey Penetrasi Dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2019.” Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). 2019

Dwi Rizki Sabarkhah. (2018). “Pengukuran Tingkat Penerimaan Dan Penggunaan Teknologi Uang Elektronik Di Tangerang Selatan”. Universitas Islam Negeri Syarifhidayatullah. Jakarta.

Dorflritner, Hornuf, Schmit & Weber. (2017). http://Www.Coursehero.Com/, Diakses Pada 18 Oktober 2019.

Evon Tan And Jasmine Leby Lau. (2015). Behavior Intention Of Adopt Mobile Banking Among Generation. Journal management.

Ghozali, Imam. (2011). Structural Equation Modeling : Metode Alternative Dengan Partial Least Square (PLS). Semarang : Universitas Diponegoro.

Gioliano Putra Dan Maya Ariyanti. (2013). Pengaruh Faktor-Faktor Dalam Modified Unified Of Acceptance And Use Of Technology2 (UTAUT2) Terhadap Niat Prospective Users Untuk Mengadopsi Home Digital Service PT.TELKOM SURABAYA. Jurnal Manajemen Indonesia. Vol 12 - No 4

Hafni. (2018). “Pengaruh Karakteristik Iinovasi Dan Sistes Sosial Terhadap Adopsi Inovasi Dikelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat”. Medan: USU

Hair Et.Al (2014). A Primer On Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM). USA : Sagepublics, Inc.

Ida Rosnidah, Arinal Muna, Ayatulloh Michael Musyaffi, Nelia Siregar. (2018). “Critical Factor Of Mobile Payment Acceptance In Mellenial Generation : Studi On The UTAUT Model”. Journal internation symposium om social sciences, education and humanities.

Indrawan, Rully. (2014), Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Surabaya : Refika Aditama

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis: Konvergensi Teknologi

Komunikasi Dan Informasi. Bandung: Refika Aditama.

Indrawati And Dainty Angraini Putri. “Analyzing Factor Influencing Conyinuance Intention Of E-Payment Adopting Using Modified UTAUT2 Model.” In International Conference On Information And Communication Technology. (2018).

Jati, N.J., & Laksoito,H. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Dan Penggunaan System E-Tiket (Studi Empiris Pada Biro Perjalanan Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Accounting.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary (2014). Principles Of Marketing, Finteenth Edition, England : Person Education Itd.

Latan, Hengkym Ghozali Imam (2012). Partial Least Square-Konsep, Metode Dan Aplikasi Program, Warppls 2.0. Semarang : Universiatas Diponegoro

M. Adriansyah Alam Putra. (2018). Evaluasi Penggunaan Pada Produk Uang Elektonik E-Money Bank Mandiri Menggunakan Model UTAUT2 (Studi Kasus:Kecamatan Ciputat). Skripsi.

Marius Trojanowski, Jacek Kutak. Vol 25, No 2. (2017). The Impact Of Moderator And Trust On Consumer’s Intention To Use A Mobile Phone For Purchase. Journal management.

Makarti Among (Dalam Yanuar Surya Putra). (2016). Jurnal Teori Perbedaan Generasi (Theoretical Review), Vol.9 No. 18 (20).

Nia Aulia. (2018). Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology2 Terhadap Minat Dan Perilaku Penggunaan E-Ticket Di Yogyakarta. Skripsi.

Nur Diana. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Elektronik Money Di Indonesia. Skripsi

Pribadiono, Hokum, Esa & Barat. (2016).Http://Www.Courshero.Com/, Diakses Pada 18 Oktober 2019.

Ramadhani Al Bachri, Rachmawati Indira, & Prabowo Fajar Adi. (2017). Pengaruh Adopsi Teknologi Layanan Uang Elektronik Telekomunikasi Cash Menggunakan Pendekatan UTAUT2. Journal Of Management. Vol.4, No 1.

Ratna Dzulhaida, Refi Rifaldi Windya Giri. (2015). Analisis Minat Masyarakat Terhadap Penggunaan Layanan E-Money Di Indonesia Dengan Menggunakan Model UTAUT2. Jurnal Ekonomi. Vol 15, No 2.

Ramon Palau-Saumell, Santiago Forgas & Javier. (2019). User Acceptance Of Mobile Apps For Restaurans : An Expended UTAUT2. Journal sustanainability.

Santosa P.I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif-Pengembangan Hipotesis Dan Pengujian Menggunakan SmartPLS. Yogyakarta: Andi.

Sawono J & Narimawati U. (2015). Membuat Skripsi, Tesis Dan Disertasi Menggunakan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: CV Andi Offset

Sholihin M & Ratmono D. (2103). Analisis SEM-PLS Dengan Warppls 3.0 Untuk Hubungan Nonlinier Dalam Penelitian Sosial Dan Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2016), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarhini, A., El-Masri, M., Ali, M. And Serrano, A., 2016. Extending The UTAUT Model To Understand The Customers’ Acceptance And Use Of Internet Banking In Lebanon: A Structural Equation Modeling Approach. Information Technology & People.

Thamhain (2013). Management Of Technology: Managing Effectively In Techlonoly-Intensive Organization..” John Wiley & Sons.

Venkatesh, V & Davis F.D (2000) “Theoretical Ectension Of The Technology Acceptance Mode : Four Longitudinal Field Studies”, Journal. Management Science 46(2)

Venkatesh, Visvanath Morris M.G., Davis, G.B., Dan Davis, F.D. (2003).User Acceptance Of Information Technology; Toward A Unified View. Journal. Vol 27 No 3

Vemkatesh, V.,Thong, J.M.L., Dan Xin Xu. (2012). Consumer Acceptance And Use Of Information Technology: Extending The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technolpgy. Juournal Vol 36 No 1.

Winduwiratsoko. (2018). Analis Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) Untuk Memahami Penerimaan Dan Penggunaan Layanan E-Banking Oleh Nasabah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi

Yu, C.S., 2012. Factors Affecting Individuals To Adopt Mobile Banking: Empirical Evidence From The UTAUT Model. Journal Of Electronic Commerce Research,

Yamin, Sofyan Dan Heri Kurniawan. 2011. Partial Least Square Path Modeling. Salmeba Infotek

Zulganef. (2018). Metode Penelitian Bisnis Dan Manajemen. Bandung : PT.Refika Aditama




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v6i1.1825

Article Metrics

Sari view : 2142 times
PDF - 1414 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.