ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SITUS JEJARING SOSIAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI KOTA PADANG)
Genny Intan Sari HR, Riche Fermayani, Romi Rianto Harahap
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk melihat analisis pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, kualitas produk, dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian melalui situs jejaring sosial (studi kasus pada mahasiswa di Kota Padang). Sampel dalam penelitian ini diukur dari penyebaran kuesioner kepada 100 orang mahasiswa di Kota Padang sehingga terdapat 100 sampel penelitian. Berdasarkan uji t parsial dapat disimpulkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, keamanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 < 0,05, kualitas pelayanan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,033 < 0,05, kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,008 < 0,05, persepsi resiko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,002 < 0,05. Kemampuan variabel independen dalam hal ini adalah kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan, kualitas produk, dan persepsi resiko terhadap variabel dependennya dalam hal ini adalah keputusan pembelian sebesar 87,7% sedangkan sisanya sebesar 12,3% dipengaruhi oleh variabel lain selain dari variabel yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.
Kata Kunci: Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Persepsi Resiko, dan Keputusan Pembelian
Referensi
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2012). Marketing Management. 14th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Firdayanti, Restika. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce Dengan Kepercayaan Konsumen Dalam Membeli Produk Fashion. Journal of Social and Industrial Psychology. FP-UNNES. Halaman 1-7.
Sukma, Abdurrahman Adi. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Social Networking Websites. Jurnal Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.
The Nielsen Global Survey Of E-Commerce. (2014). Kebiasaan Belanja Online.
DOI:
https://doi.org/10.31869/me.v6i2.1816
Article Metrics
Sari view : 1431 times
PDF - 1893 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
1.png)









Supported by Association
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : fekonumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.