PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2010 – 2014.

Immu Puteri Sari, Sari Ayu

Sari


Salah satu tujuan utama perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bukti empiris pada pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dibursa efek indonesia. Ukuran perusahaan dan profitabilitas sebagai variabel independen sedangkan nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Metode penelitian sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposif sampling, populasi dalam penelitian ini sebanyak 144 perusahaan sedangkan sampelnya sebanyak 24 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Analisis deskriptif dan Asumsi klasik .
Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai (0,104>0,05), sedang kan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai (0,036<0.05). Hasil pengujian simultan ukuran perusahaan dan profitabilitas (ROE) terhadap nilai perusahaan berpengaruh signifikan dengan nilai (0,000<0,05).
Kata kunci: Ukuran perusahaan, Profitabilitas dan Nilai perusahaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ghozali I, (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss, Semarang: Badan . Penerbit Universitas Diponegoro

(2006). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss”, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

, (2005). Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Edisi Ke 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.

, (2006). Aplikasi Analisis Multivariate: Dengan Program Spss Semarang : Universitas Diponegoro.

linda fitriani, (2010). Pengaruh leverage, ukuran perusahaa, dan profitabilitas terhadap Nilai perusahaan pada perusahaan farmasi yang go public dibursa efek indonesia”. Uiversitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Nia Hardiyanti, (2012). Analisis Pengaruh Insiderownership, Leverage, Profitabilitas, Firm size dan Dividen payout ratio Terhadap Nilai perusaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar dibei tahun 2007-2010)”. Universitas Diponegoro.

Rifki Faisal Hargiansah, (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaa, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.(Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Universitas Jember.

Suharli, (2006). “Studi Empiris Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Go Public Di Indonesia”. Jurnal Maksi.

Suharli, Michell, (2006).“Studi Empiris Terhadap Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Go Public Di Indonesia”. Jurnal Maksi, Vol. 6. No.1. Januari 2006. Hal. 23-41. Universitas Katolik Atma Jaya. Jakarta.

Yangs Analisa, (2011). Pengaruh Ukuran Perusahaan Leverage, Profitabilitas Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Studi Pada Perusahaan Manufaktur di BEI”.

Universitas Diponegoro Semarang.




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v5i3.1582

Article Metrics

Sari view : 3111 times
PDF - 1286 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.