Faktor-faktor Penentuan Harga Gambir (Studi Kasus: Pasar Gambir Nagari Lubuak Alai Kec. Kapur IX Lima Puluh Kota)

Wedy Nasrul Indra Masrin

Sari


Peran dan fungsi pasar adalah sebagai tempat terjadinya transaksi, pasar juga bertujuan untuk mengurangi ketidaksetaraan informasi, menekan biaya transaksi dan meningkatkan kepercayaan. Sejalan dengan ide dasarnya, fungsi penting pasar adalah sebagai penetapan harga dan proses pertukaran atau transaksi. Fungsi tersebut juga ada pada pasar gambir, sehingga penting dilihat beberapa faktor pentu harga pada pasar gambir.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Nagari Lubuak Alai Kecamatan Kapur IX Kabupaten 50 Kota Propinsi Sumatera Barat. Untuk teknis mengumpulkan data dilakukan dengan metode pengumpulan data kualitatif, yaitu: pengamatan langsung atau observasi, wawancara mendalam, diskusi kelompok dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis kualitatif. Tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk meyakini kebenaran yang tinggi dalam penelitian kualitatif dilakukan analisis kualitatif dengan teknik triangulasi.

Terdapat beberapa faktor penentuan harga gambir diantaranya: a) Harga ditingkat eksportir atau pedagang besar. b). Mutu atau kualitas gambir. c) Bentuk olahan/produksi gambir. d) Kadar air atau berat gambir, dan e) Bantuan dan pinjaman pengumpul.

Keyword: Harga, Gambir


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/me.v1i1.138

Article Metrics

Sari view : 302 times
PDF - 276 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXING BY :

 

 Kunjung Saat Ini   Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.