Kontekstualisasi Surat Al-Humazah Sebagai Upaya Pencegahan Pembullyan Di Masyarakat Modern: Studi Tafsir Tematik

Khairunnas Jamal, Fauzan Azima Syafiuddin, Anisa Cantika

Sari


Penelitian ini mengkaji relevansi Surah Al-Humazah dengan era kontemporer yang penuh disrupsi, khususnya dalam konteks pembullyan. Surah ini mengutuk perilaku negatif seperti fitnah, cemoohan, dan pencemaran nama baik, yang berdampak fisik, psikologis, dan emosional bagi korban. Dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif berbasis penelitian perpustakaan, penelitian ini menyoroti bahwa Surah Al-Humazah memberikan peringatan tegas terhadap perilaku buruk dan konsekuensinya di akhirat. Di era digital, pesan ini tetap relevan dalam mendorong etika interaksi manusia, mengingat penyebaran manipulasi informasi dan perilaku merugikan di media sosial. Penafsiran Surah ini menegaskan pentingnya keadilan, integritas, dan moral spiritual sebagai landasan dalam kehidupan. Upaya preventif membutuhkan kerjasama berbagai pihak, termasuk keluarga, institusi pendidikan, dan komunitas. Pemahaman mendalam terhadap Surah Al-Humazah berpotensi menciptakan masyarakat harmonis dan adil di tengah perubahan sosial yang dinamis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abu Ja’far Muhammad bin Jarir Ath-Thabari. (2008). Jami’ Al- Bayan an Ta’wil Ayi Al-Qur’an (Abdul Somad, Ed.; Vol. 6). Pustaka Azzam.

Agnes Dwita Susilawati, Chairul Anwar, Ni Putu Linda Santiari, & Zunaida Sitorus. (2023). BUKU REFERENSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL (1st ed.). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Aliyyul Adzhiim. (2021). Harta Dalam Al-Qur’an: Studi Penafsiran Qs. Al-Humazah Menurut Mutawalli Al-Sya’rawi [Skripsi]. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH .

Andrew Fernando Pakpahan, Adhi Prasetio, Edi Surya Negara Kasta Gurning, Risanti Febrine Ropita Situmorang, Tasnim Parlin Dony Sipayung, Ayudia Popy Sesilia, Puspita Puji Rahayu Bonaraja Purba, Muhammad Chaerul, Ika Yuniwati Valentine Siagian, & Gilny Aileen Joan Rantung. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah (Abdul Karim, Ed.). Yayasan Kita Menulis .

Arianto, B. (2022). Dampak Media Sosial Bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Social Politics and Governance (JSPG), 3(2), 118–132. https://doi.org/10.24076/JSPG.2021v3i2.659

Aziz, A., & Saihu, S. (2019). Interpretasi Humanistik Kebahasaan: Upaya Kontekstualisasi Kaidah Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 299. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.1000

Hamka. (1982). Tafsir Al-Azhar. Pustaka Nasional Ptc Ltd.

Huda, M. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Multikultural. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 70–90. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i1.7

Husna, A., Hasan, K., & Arifin, A. (2024). IDENTITAS DAN PENCIPTAAN DIRI DI ERA DISRUPSI DIGITAL. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 5(1), 45. https://doi.org/10.29103/jspm.v5i1.11590

Indra Kurniawan. (2022). Implementasi Internet Of Things ( Iot ) Dalam Pembelajaran Di Unisnu Jepara. PORTAL DATA, 2(4), 1–9.

Isnawati. (2024). Pengaruh Pendidikan, Informasi dan Komunikasi terhadap Internet of Things. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(3), 312–319.

Jani Arni. (2013). Metode Penelitian Tafsir. Pustaka Riau.

Jati Utomo Dwi Hatmoko (Ed.). (2021). REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PERSPEKTIF TEKNOLOGI, MANAJEMEN, DAN EDUKASI. CV ANDI OFFSET.

Kemenag RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahan. Lajnah Pentashih Al-Qur’an.

Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia. MAWA’IZH: JURNAL DAKWAH DAN PENGEMBANGAN SOSIAL KEMANUSIAAN, 10(2), 273–290. https://doi.org/10.32923/maw.v10i2.932

Luciana Anggraeni. (2019). Kontekstualisasi Tafsir Perempuan (Studi Pemikiran Abdullah Saeed). Ulumuddin Journal of Islamic Legal Studies, 12(02), 36–51.

Nartin, Fathurrahman, Asep Deni, Yuniawan Heru Santoso, Paharuddin, I Wayan Gede Suacana, Etin Indrayani, Firman Yasa Utama, Wico J Tarigan, & Eliyah. (2024). Metode Penelitian Kualitatif (P. T. Cahyono, Ed.). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Nurlia. (2023). Analisis Ujaran Bullying Peserta Didik Upt Sdn 116 Sepakat Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara [Skripsi]. IAIN Palopo.

Nurma Atiah. (2020). PEMBELAJARAN ERA DISRUPTIF MENUJU MASYARAKAT 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Parhan, M., Jenuri, J., & Islamy, M. R. F. (2021). Media Sosial dan Fenomena Hoax: Tinjauan Islam dalam Etika Bekomunikas. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 59–80. https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12887

Wahbah az-Zuhaili. (2016). Tafsir Al-Munir (Aqidah, Syariah, Manhaj) (Abdul Hayyie al-Kattani, Ed.; Vol. 15). Gema Insani.

Willy Radinal. (2021). PENGEMBANGAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DI ERA DISRUPSI. Al-Fatih: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 9–22.

Yayasan Semai Jiwa Amini (Sejiwa). (2008). Bullying. PT. Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v3i2.6091

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0