Strategi Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Model Explicit Instruction Peserta Didik di Sekolah Dasar
Sari
Pelnelliltilan ilnil belrtujuan untuk melndelskrilpsilkan liltelratur telntang Stratelgil melmbaca pelmahaman delngan melnggunakan modell elxplilcilt ilnstructilon pada pelselrta dildilk dil selkolah dasar. Meltodel pelnelliltilan ilnil adalah kajilan liltelratur melrupakan pelndelkatan yang dilgunakan untuk melnyellildilkil dan melnganalilsils sumbelr-sumbelr tulilsan yang tellah ada telntang topilk telrtelntu. Meltodel ilnil mellilbatkan pelngumpulan, pelmbacaan, elvaluasil, dan silntelsils liltelratur yang rellelvan delngan tujuan melnyeldilakan pelmahaman yang lelbilh bailk telntang topilk pelnelliltilan. Subjelk pelnelliltilan ilnil adalah 16 artilkell telrkailt yang diltelrbiltkan dil jurnal nasilonal dan ilntelrnasilonal dalam waktu 10 tahun telrakhilr. Artilkell keltelrampillan melmbaca pelmahaman telrdilril daril 8 artilkell, dan artilkell modell elxplilcilt ilnstructilon telrdilril daril 8 artilkell. Hasill pelnelliltilan melnunjukkan bahwa kajilan liltelratur telntang keltelrampillan melmbaca pelmahaman delngan melnggunakan modell Elxplilcilt Ilnstructilon melrupakan landasan yang kuat untuk pengembangan praktik pengajaran yang lebih efektif di Sekolah Dasar. Dengan memahami bukti-bukti yang ada dan mengambil pelajaran dari penelitian-penelitian terdahulu, kita dapat terus meningkatkan pendekatan pembelajaran untuk mendukung perkembangan literasi anak-anak di masa depan. Model Explicit Instruction dapat menjadi alat yang berguna dalam meningkatkan keterampilan membaca, terutama ketika digabungkan dengan pendekatan pembelajaran yang beragam dan berbasis bukti. Melalui pendekatan ini, para siswa dapat memperoleh kepercayaan diri dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pembaca yang kompeten dan kritis.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Model Explicit Instruction pada Anak Disgrafia (single Subject Research di Kelas III SD N 09 Koto Lua Padang).
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. hal
Archer, A. L., & Hughes, C. A. (2011). Explicit Instruction: Effective and efficient teaching (what works for special-needs Learners). In Journal of Special Education. academia.edu.
Ayati, O. (2019). Meningkatkan Keterampilan membuat Herbarium Kering melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction bagi Anak Tunagrahita Kelas VIII di SLB Karya Padang. repository.unp.ac.id.
Aziz, I. N. (2020). Implementation of SQ3R method in improving the students’ basic reading skill. EDUCATIO: Journal of Education.
Azizah, A. N. (2021). Keefektifan Metode SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Karanglo. Autentik: Jurnal Pengembangan ….
Destrianto, K. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen 04 Eben Haezer. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Fatonah, S. (2023). Development of Class V Science Learning Modules with the SQ3R Methode to Improve Student’s Reading Comprehension Ability at SDN Inpres Kala. In Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.
Gersten, R., Fuchs, L. S., Williams, J. P., & ... (2001). Teaching reading comprehension strategies to students with learning disabilities: A review of research. Review of Educational ….
Hadi, A., Romli, R., Ismail, F., & ... (2022). Evaluasi model Kirkpatrick pelatihan baitul arqam dalam pembinaan kompetensi kepribadian guru SMA Muhammadiyah di kota palembang. Edukasi Islami ….
Handayani, M. M., Harni, H., & Sukma, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Teknik Scramble pada Siswa Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi ….
Harefa, F. T., Sukma, E., & Desyandri, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 29 …. Jurnal Basicedu.
Hoerudin, C. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Scramble. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan ….
Hughes, R. (2011). Teaching and Researching Speaking Skills. In London: Person Education.
Maesaroh, S. (2021). Sq3R Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi. In Indonesian Journal of Education and Learning. scholar.archive.org.
Misvaindra, D., & Sukma, E. (2020). Pengaruh Strategi Directed, Reading, Thinking, Activity Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 194–201.
Mustadi, A. (2021). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif. UNY Press.
Mustadi, A., Amelia, R., Budiarti, W. R., Anggraini, D., & ... (2021). Strategi pembelajaran keterampilan berbahasa dan bersastra yang efektif di Sekolah Dasar. staffnew.uny.ac.id.
Nandini, N. (2022). Meningkatkan Pembelajaran Seni Tari Piring Melalui Model Explicit Instruction pada Anak Tunarungu Kelas VIII (Classroom Action Research di SLB N 1 Sungai Pagu …. repository.unp.ac.id.
Pressley, M. (1990). Cognitive strategy instruction that really improves children’s academic performance. psycnet.apa.org.
Putri, N. M., & Sukma, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Pada Teks Narasi Menggunakan Model Pembelajaran Predict, Organize, Rehearse, Practice, and …. Journal of Basic Education Studies.
Ramadhan, T. (2019). Penerapan Metode Explicit Instruction Berbantukan Multimedia Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. repository.upi.edu.
Sakinah, W. P., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School ….
Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik di kelas iv sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma.
Sari, P. N., Sukma, E., & Fitria, Y. (2018). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran ….
Sartika, E. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Minat Membaca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ….
Somadayo, S. (2011). Strategi dan teknik pembelajaran membaca. In Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukma, E. (2018). Pengaruh Strategi Know-Want to Know-Learned (KWL) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas IV Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar.
Sukma, E., & Eliyasni, R. (2018). Membaca Pemahaman Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievemen Division (STAD) Bagi Siswa Kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah ….
Suyatno, W., & Nurgiyantoro, B. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. In Masmedia Buana Pustaka. Sidoarjo.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika &solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan ….
Tanjung, R. R., Sukma, E., & Miaz, Y. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas III SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran ….
Yeliahandayani, Y., & Sukma, E. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Know-Want-Learned (KWL) Bagi Siswa Kelas IV SDN 42 Talawi Kabupaten Pesisir Selatan. Journal of Basic Education ….
DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v3i1.5575
Article Metrics
Sari view : 27 timesPDF - 20 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed By :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com
Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0