Pendampingan Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Intensif Partisipatif Untuk Siswa SD Muhammadiyah Surau Gadang Nanggalo

Sekar Harum Pratiwi, Martin Kustati, Rezki Amalia, Izzi Fekrat, Vini Wela Septiana, Yulia Septi Wahyuni

Sari


Tujuan pendampingan ini yaitu untuk memberikan fasilitas kepada siswa untuk dapat mengenali huruf-huruf hijaiyah secara keseluruhan, sehingga siswa bisa mengetahui semua huruf hijaiyah yang ada. Melalui pendampingan ini, siswa diharapkan mampu menguasai keseluruhan huruf hijaiyyah dengan lancar dan melafalkan hurufnya dengan lantang. Sehingga hasil dari kegiatan pendampingan ini bisa tercapai. Kegiatan pendampingan kepada masyarakat yang dilaksanakan terhadap siswa di SD Muhammadiyah Surau Gadang mendapat antusias yang besar dari masyarakat sekitar dan orang tua. Mengingat pentingnya pendidikan Al-Qur’an bagi masa kanak-kanak, mengingatkan kita pada tahapan paling mendasar dalam pribadi seorang anak perkembangan. Tidak hanya tentang tata cara menyelesaikan pembelajaran tahapan, tetapi juga tentang kualitas membaca sesuai kaidah, memahami makna Al-Qur'an, dan menanamkan nilai-nilai Al-Qur'an dalam hati anak. Metode yang digunakan pada pendampingan adalah Insentif Partisipatif dengan pendekatan PAR (Participatory Action Research) yaitu pendampingan Masyarakat yang menggunakan metodologi berbasis perubahan. Pendekatan pendampingan dengan Participatory Action Research (PAR) merupakan pendekatan yang prosesnya bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat, serta produksi ilmu pengetahuan, dan proses perubahan sosial keagamaan. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah. Dalam kegiatan pendampingan ini fokusnya adalah pada pendampingan pengenalan huruf hijaiyah, dengan Metode Intensif Partisipatif  sehingga siswa bisa mempelajari Al-Quran dengan mudah dan menyenangkan. Kegiatan ini dilaksanakan pada jam Pelajaran Al-Quran di SD Muhammadiyah Surau Gadang Nanggalo.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, Agus. 2020. “Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset Dan Pendampingan Kepada Masyarakat Transformatif.” Pp. 1689–99 in Workshop Pendampingan Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Vol. 53.

affandi, agus. 2022. Metodologi Pendampingan Masyarakat.

Alrasi, Fitri, Sekar Harum Pratiwi, Nurul Fakhrin, Vini Wela Septiana, and Desna Desna. 2023. “Sosialisasi Belajar Al-Quran Dengan Cara Yang Menyenangkan Di SD Muhammadiyah Surau Gadang Nanggalo Padang.” Menara Pendampingan 3(1):11–16.

As’ ad, Mohamad, Eni Farida, Sigit Setyowibowo, and Sujito Sujito. 2022. “Pengenalan Dan Pelatihan Augmented Reality Huruf Hijaiyah Pada TPQ Al Abror Buring Kota Malang.” TERANG 5(1):46–56.

Hanik, Umi, and Sania Amirah Husna. 2021. “Pengenalan Huruf Hijaiyah Siswa Kelas 3 Sd Dengan Metode Iqro’Dan Tilawati Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Tpq Al-Ittihad-Kediri: Studi Pendampingan Pada Masyarakat.” Abdimas Indonesian Journal 1(1):73–87.

Herlina, Mutia Nanda, and Fahmi Fahmi. 2018. “Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf (Penelitian Tindakan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD

Assa’dah Serang-Banten).” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):15–26.

Nisa, Nur Khoirun, and M. Thaib Rizki. 2021. “Integrasi Kaidah Imla’Dan Tajwid Dalam Kemampuan Menulis Bahasa Arab.” Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1(2):49–57.

Noviyani, Rafiqa, and Rizqa Octarina. 2023. “Pendampingan Membaca Al-Qur’an Dengan Tema Sehari Mengenal Lebih Dekat Bersama Al-Qur’an.” JURAMAS: Jurnal Pendampingan Masyarakat 1(1):37– 52.

Risna, Risna. 2023. “Bahasa Arab Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al Quran: Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al Quran.” Al-MUALLAQAT 2(2):01–14.

Sarimudin, Ely Kusuma, and Hasrat A. Aimang. 2023. “Peningkatan Kemampuan Anak Dalam Baca Tulis Berbasis Huruf Hijaiyah.” BABASAL EDUCATION: Jurnal Pendampingan Masyarakat 1(1):1– 5.

Syukri, M., and R. Marmawi. n.d. “Penerapan Metode Iqro’Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Cahaya.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 3(6).

Tantowie, Tanto Aljauharie, and Anisa Firdaus. 2024. “Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Iqra (Pendampingan Masyarakat Di Desa Kertajaya Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran).” Khidmat 1(2):93–101.

Wela, Vini, and Jepri Naldi. 2022. “Ppm Increasing Reading Interest Di Sd Muhammadiyah Xi Abd. Muis Padang Timur.” Menara Pendampingan 2(2).

Zainuri, Fitri Praditia, and Huda Huda. 2023. “Mengembangkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Melalui Media Puzzle Anak Usia 5-6 Tahun.” Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5(1):46–53.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v3i1.5573

Article Metrics

Sari view : 61 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0