Implementasi nilai karakter pancasila terhadap kurikulum merdeka peserta didik sekolah dasar

Zikra Salsabila Putri, Sahrun Nisa, Ari Suriani

Sari


Pancasila adalah dasar negara kita negara indonesi. Dalam pancasila mengandung lima prinsip panasila yang sesuai denga isi sila pancasila.  Nilai  yang terkandung dalam sila pancasila banyak mengandung tentang nilai  kegamaaan ( sila pertama ), nilai kemanusian ( sila kedua ), nilai persan ( sila ketiga),  nilai nilai kebijaksanaan( sila keempat), dan yang terakhir niai sosial (sila kelima ). Nilai sila pancasila  yang ada pada sila pancasila ini banyak menandng nilai nilai positif yang sesuai dengan kehidupan kita, terutama kehidupan sehari hari, akan tetapi banyak juga yang sangat menyimpang dari nilai nilai pansila dan menyebebkan terjadi  ketidak sinambungan. Contoh besaranya saja nilai moral karakter peserta didik yang kurang, terkadang tidak sopan kepada gurunya sendiri, apalagi ke orang tuanya bahkan sering menuturkan nada yang seakan akan sama besar dengan gurunya sendir.Kurikulum juga mempengaruhi tata cara pembelajaran yangb berlansung contohnya sekarangb kurikulum merdeka yang lebih merapkan kan dan menankan nilai karkater pada profil pembelajaranpanacasila. Dalam mengimplementasi nilai nilai panasila terhdap pembentukan krakter siswa sangat dikung oleh warga sekolah khusunya oleh oleh guru d sekolah dasar tempay penelitian, agar siswa dapat memperbaki krakter terhdap nilai nilai pansila agar leih baik nantiknya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari, 21(2), 676-687.

Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran pkn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328-4333.

Rahmadani, E., & Al Hamdany, M. Z. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 10-20.

Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi pendidikan karakter mandiri di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 20-38.

Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280-289.

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi pancasila dalam pendidikan sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113-118.

Jamaludin, J., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan nilai profil pelajar pancasila melalui kegiatan kampus mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698-709.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan nilai Pancasila dalam menumbuhkan karakter siswa sekolah dasar yang cerdas kreatif dan berakhlak mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267-1273.

Syaumi, I. K., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi nilai-nilai pancasila pada siswa sekolah dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1957-1963.

Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran profil pelajar pancasila untuk membentuk karakter peserta didik sekolah dasar. Journal on Education, 5(2), 4179-4188.

Putri, F. A., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1581-1587.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687-706.

Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7362-7368.

Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242-252.

Sp, J. I. (2016, August). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasipendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi profil pelajar pancasila sebagai pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641-6653.

Zhahira, M. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(3), 79-85.

Febriyanti, R. A., Putri, M. H. S., Husnia, F., Rusminati, S. H., & Rosidah, C. T. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(1), 190-197.

Khairiyah, U., Gusmaniarti, G., Asmara, B., Suryanti, S., Wiryanto, W., & Sulistiyono, S. (2023). Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 172-178.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v3i1.5496

Article Metrics

Sari view : 61 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0