Pengaruh Penggunaan Metode Karya Wisata Terhadap Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi Ski Di Mts Nurul Jadid Tapung Kabupaten Kampar

Dhimas Sriagung Mulyas S

Sari


Penelitian ini di latarbelakangi dengan fenomena bahwasannya cara mengajar guru di MTs Kecamatan Tapung belum menggunakan alat bantu pembelajaran SKI karena disebabkan oleh kurangnya variasi dalam mengajar. sehingga dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. alat bantu pembelajaran SKI Untuk itu guru harus bisa menentukan cara mengajar dan penggunaan alat bantu pembelajaran yang tepat agar siswa lebih mudah menerima materi pelajaran dan tidak cepat jenuh sehingga motivasi belajar siswa akan meningkat dalam upayanya meraih hasil belajar yang baik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengunaan metode karya wisata oleh guru, Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa, Untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode karyawisata terhadap motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Nurul JadidĀ  yang berjumlah 61 orang. Sedangkan sampel didalam penelitia ini berjumlah 61 orang dengan Teknik pengambilan sampel total sampling yang artinya seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar selam satu minggu dimuali dari Senin 19 Juli 2023 sampai Jumat 28 Juli 2023 angket diberikan langsung kepada siswa Mts Nurul Jadid yang berjumlah 61 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa Metode Karya Wisata secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi SKI di MTs Nurul Jadid Tapung Kabupaten Kampar yang ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 bahwa variabel Metode Karya Wisata memiliki nilai siginifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa Metode Karya Wisata secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi SKI di MTs Nurul Jadid Tapung Kabupaten Kampar variabel Metode Karya Wisata memiliki nilai siginifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa Metode Karya Wisata secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi SKI di MTs Nurul Jadid Tapung Kabupaten Kampar hasil koefisien determinasi nilai R2 sebesar 0,216 atau 21,6%. Hal ini menunjukkan bahwa Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi SKI di MTs Nurul Jadid Tapung Kabupaten Kampar dapat dipengaruhi sebesar 21,6% oleh variabel independen yaitu Metode Karya Wisata. Sedangkan 78,4% Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi SKI di MTs Nurul Jadid Tapung Kabupaten Kampar dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian yang digunakan pada penelitian ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Jacobsen, David, dkk., Methods For Teaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan BelajarSiswa TK-SMA, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

amalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Anni, Catharina Tri, dkk. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES

Anni, Catharina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

B. Suryobroto (1986), Mengenal Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar Mengajar, Amarta Buku, Yogyakarta.:51)

Burhan, Bungin, 2005, Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, da Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Kencana Prenadamedia Group, Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta.

Endang, Mulyatiningsih, 2012, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Fathurrohman, 2015, Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Huda, Miftahul, 2013, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paragmatis, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Istarani, 2014, 58 Model Pembelajaran Inovatif Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Media Persada, Medan.

Juliansyah, Noor, 2012, Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani, 2015, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru, Kata Pena, Yogyakarta.

M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta :98

Nursid Sumaatmadja. 1980. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alumni.

Priyatno, Duwi, 2014, SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis, CV Andi Offset, Yogyakart

Rochman Natawidjaja & L. J. Moleong. (1979). Psikologi Pendidikan Untuk SPG. Jakarta: Mutiara

Rusman, 2015, Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Keaktifan Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Siregar, Syofian, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi denga Perhitungan Manual dan SPSS, Prenamedia Group, Jakarta.

Soemanto, Wasty. 1987. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA: 13

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan

Aisyah, dkk (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di SDIT NURUL ILMI Kota Jambi . ISSN 2088-205X

Maslow, A. 2002. Lima Kebutuhan Dasar. http://spasikita.blogspot.co.id/2015/01/motivasi-belajar.html. diakses (04 April 2016)




DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v2i2.4988

Article Metrics

Sari view : 63 times
PDF - 41 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0