Fungsi Program Pesantren Terhadap Pengendalian Diri Narapidana

Lubis Febrianto, Erna Dewita, Rosdialena Rosdialena

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di Rutan Anak Air Kelas IIB Padang. Narapidana masuk ke dalam Rumah tahanan karena beberapa kasus, yaitu kasus narkotika, pembunuhan, pelecehan seksual, perampokan. Masalah yang ditemukan adalah kurangnya pengendalian diri sehingga melahirkan banyak perbuatan-perbuatan menyimpang dan tidak sesuai dengan norma yang berlaku seperti warga binaan melakukan penganiayaan kepada warga binaan yang lemah, stres yang berlebihan sehingga bunuh diri, adanya sikap saling tidak menghargai antara sesama warga binaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Fungsi Program Pesantren Terhadap Pengendalian Diri Narapidana dari aspek religius, sosial dan edukasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah narapidana di Rutan Anak Air Kelas IIB Padang yang tergabung ke dalam program pesantren. Cara pengambilan pengambilan subjek menggunakan teknik nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling.Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah semua santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis flow chart analisis. Hasil penelitian dari aspek religius adalah dengan adanya program pesantren yang kegiatannya seperti salat berjamaah, membaca dan menghafal al-Qur’an, kultum yang menumbuhkan keyakinan dan kesadaran di dalam diri santri sehingga memunculkan perilaku dan sifat yang positif sehingga meningkatkan pengendalian diri santri tesebut. Adapun dari aspek sosial hubungan silaturahmi santri menjadi erat sehingga mengurangi munculnya hal-hal yang tidak diinginkan antara sesama santri seperti pembulian, pembunuhan dan lain sebagainya. Sedangkan dari aspek edukasi santri memperoleh wawasan yang cukup banyak sehingga dengan pengetahuan tersebut dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan segala aktivitas baik yang berhubungan dengan hablum minallah dan hablum minannas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arminiasih, K. A., Sulindawati, N. L. G. E., & Herawati, N. T. (2019). Pengaruh Pengendalian Diri, Budaya, Kepercayaan Diri (Self-Confidente) Terhadap Tingkat Pemahaman Akutansi (Studi empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 angkatan tahun 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 10(2), Article 2.

Auliya, M., & Auliya, M. (2014). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Agresi Pada Siswa SMA Negeri 1Padangan Bojonegoro. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2(3), Article 3. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/40/article/view/10992

Basri, H. (2017). Eksistensi Pesantren: Antara kultivasi tradisi dan transformasi edukasi. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 313–345.

Dewita, E., & Maiseptian, F. (2023). Peningkatan Sikap Cinta Tanah Air Remaja Menggunakan Bimbingan Kelompok Media Ular Tangga di Panti Asuhan Aisyiyah. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 14(1), 43–57.

Enggarsasi, U., & Sumanto, A. (2015). Pemberian Remisi Terhadap Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan. Perspektif: Kajian Masalah Hukum Dan Pembangunan, 20(2), 128–135.

Habiburrahman, H. (2021). Ibadah sebagai Bentuk Komunikasi Transendental. Ulul Albab: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 8(2), Article 2.

Hadi, L. (2019). Pentingnya Kemandirian Santri dalam Menumbuhkan Sikap Optimis di Masyarakat. Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 12(1), 1–9.

Hakim, A., & Herlina, N. H. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu Di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(1), 111–132.

Hamka. (1989a). Tafsir al-Azhar jilid 4. Pustaka Nasional PTE LTD Singapura.

Hamka. (1989b). Tafsir al-Azhar Jilid 6. Pustaka Nasional PTE LTD Singapura.

Hamka. (1989c). Tafsir al-Azhar jilid 10. Pustaka Nasional PTE LTD Singapura.

Hararap, nursapia. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing.

Hidayati, H. (2020). Riyadhah Puasa Sebagai Model Pendidikan Pengendalian Diri untuk Pemenuhan Kebutuhan Fisiologis. Millah: Jurnal Studi Agama, 111–134. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art5

Junanah, M. I. S. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Qs Al-Isra’Ayat 23-38 Telaah Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraisy Shihab dan Relevansinya Dengan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Indonesia [PhD Thesis]. Universitas Islam Indonesia.

Kusmaryani, R. E. (2009). Mengenal Bahaya Narkoba bagi Remaja. Tanggal, 8, 1–4.

Machfutra, E. D., Noor, A., Asropi, A., Luxiarti, R., & Mutmainah, N. F. (2018). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Santri Putri Pesantren X Yogyakarta. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 21(4), 236–246.

Maesaroh, N., & Achdiani, Y. (2017). Tugas Dan Fungsi Pesantren Di Era Modern. Sosietas, 7(1).

Ma’rufah, Y. (2015). Manfaat Shalat Terhadap Kesehatan Mental Dalam Al-Qur’an. Manfaat Shalat Terhadap Kesehatan Mental Dalam Al-Qur’an, 24.

Muchaddam fahham, A. (2020). Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter dan Perlindungan Anak. Publica Institute Jakarta.

Muri Yusuf. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif,Kualitatif dan Penelitian Gabungan. K E N C A N A.

Nasikin, M., & Iskandar, I. (2021). Hati Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.10

Noor, A. H. (2015). Pendidikan kecakapan hidup (life skill) di pondok pesantren dalam meningkatkan kemandirian santri. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 1–31.

Pelani, H., Rama, B., & Naro, W. (2018). Kegiatan Keagamaan Sebagai Pilar Perbaikan Perilaku Narapiadan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Sungguminasa Gowa. Jurnal Diskursus Islam, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.24252/jdi.v6i3.6545

Rijali, A. (2019). Analisi Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), Article 33. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rokim, S. (2017). Ibadah-Ibadah Ilahi Dan Manfaatnya Dalam Pendidikan Jasmani. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.

Rosdialena, R., Thaheransyah, T., & Melia, A. (2023). Pelaksanaan Metode Dakwah Penyuluh Agama Islam aalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba di Kecamatan Kubung. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(2), 120–129.

Salma, P., Fadillah, G. S., Azizah, A. N., & Firmansyah, M. I. (2022). Hubungan Antara Sikap Mujahadah Terhadap Progkrastinasi Akademik Mahasiswa. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.33853/istighna.v5i1.210

Samsu. (2017). Metode penelitian ( teori dan aplikasi penelitian kualitatif,kuantitatif, mixed methods,serta Research & Development). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sari, Y. K. (2013). Pengaruh Pengendalian Diri Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Pengantar Akuntansi. Jurnal Akuntansi, 1(1).

Sawaty, I., & Tandirerung, K. (2018). Strategi pembinaan akhlak santri di pondok pesantren. Al-Mau’izhah: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 1(1).

Sugiarto, S. (2011). RAIH WTP DENGAN SPI(P), KENAPA TIDAK ? JAMSWAP, 3(1), 77–89.

Suhaida, S., Hos, J., & Upe, A. (2018). Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar. Neo Societal, 3(2), 75383.

Suminar, D. R. (2012). Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja. 1(02), 6.

Suparman, ujang. (2020). Bagaimana Menganalisis Data Kualitatif. PUSAKA MEDIA Anggota IKAPI No. 008/LPU/2020.

Supriati, E., & Fikawati, S. (2009). Efek Paparan Pornografi pada Remaja SMP Negeri Kota Pontianak Tahun 2008. Makara Sosial Humaniora, 13(1), 48–56.

Thaheransyah, T., Putri, N. P., & Maiseptian, F. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Terhadap Remaja di Panti Asuhan Wira Lisna Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 880–888.

Utami, M., Effendi, M., & Mukhibat, M. (2022). Analisis Nilai Moral dan Manfaatnya untuk Pembelajaran SD/MI: Penelitian Novel Anak-Anak Merapi Karya Bambang Joko Susilo. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(1), 55–66.

Yusuf, P. M., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Prilaku Prososisl Pada Siswa SMA. Jurnal EMPATI, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19737

Zulfah, Z. (2021). Karakter: Pengendalian Diri. IQRA: JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM, 1(1), 28–33.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v1i2.4486

Article Metrics

Sari view : 180 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0