Aktualisasi Pemikiran Pendidikan Islam Abdul Karim Amrullah Pada Perguruan Thawalib Padang Panjang

Surya Afdal, Bambang Bambang

Sari


Kebangkitan dan perkembangan pendidikan Islam di Minangkabau tidak dapat dipisahkan dari perjalanan sejarah modernisasi Islam di Nusantara. Hal ini, terjadi beberapa perubahan pendididkan Islam di Indonesia yang secara garis besar dapat disebut sebagai kebangkitan modernisasi. Sebagaimana halnya di Barat, dalam dunia Islam terjadi pemikiran dan paham keagamaan dengan perkembangan baru yang ditimbulkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Upaya-upaya demikian bertujuan untuk melepaskan umat Islam dari kemunduran. Oleh karena itu, untuk melepaskan umat Islam dari kemunduran akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga makna pendidikan Islam perlu dipahami secara komprehensif. Sebagaimana pendidikan Islam adalah sistem pendidikan yang dapat memberikan kemampuan seseorang memimpin kehidupannya sesuai dengan ajaran Islam yang telah mewarnai kepribadiannya. Dengan demikian, pendidikan Islam berperan sebagai penangkal terhadap syirik, kebathilan, kesesatan, kerusakan jasmani dari segala apa yang membahayakan kesehatan, kerusakan hubungan sosial, kerusakan hubungan moral, dan dari bahaya-bahaya lainnya. Jadi, aktualisasi pendidikan Islam merupakan upaya sadar dan terstruktur serta sistematis untuk penciptaan manusia sebagai abdullah dan khalifah Allah di muka bumi. Upaya seperti ini harus merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem hidup Islam termasuk sistem pendidikannya. Haji Abdul Karim Amrullah (HAKA) telah melakukan pembaharuan lembaga pendidikan di Minangkabau yaitu surau. Surau merupakan institusi pendidikan Islam yang sangat penting di Minangkabau, karena dari surau cikal bakal keutuhan dan keutamaan masyarakat Minangkabau beradat dan beragama secara bersamaan dijalankan. Ukuran keberhasilan surau dapat dilihat dari kemampuan peserta didik menguasai pengetahuan seperti pandai mengaji, berakhlak dan berbudi pekerti luhur, serta menguasai tata krama adat, seperti petatah petitih, dan seni bela diri (pencak silat).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A. R. (2002). Aktualisasi konsep dasar pendidikan Islam: Rekonstruksi pemikiran dalam tinjauan filsafat pendidikan Islam (Cet. 1). UII Press.

Abdullah, T. (1971). Islam dan Masyarakat. LP3ES.

Azra, A. (2003). Surau, pendidikan Islam tradisional dalam transisi dan modernisasi (Cet. 1). Logos Wacana Ilmu dan Pemikiran.

Daulay, S., & Dalimunthe, R. A. (2022). Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia (Komparasi Pengalaman Organisasi Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 125–140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i2.70

Djama’an, S., & Aan, K. (2010). Metodologi penelitian kualitatif (Cet. 2). Alfabeta.

Fajar, A. M. (1999). Reorientasi Pendidikan Islam. Fajar Dunia.

Fatmawati, F. (2017). THE CONTRIBUTION OF SYEKH ABDUL KARIM AMRULLAH’ S THOUGHTS IN ISLAMIC EDUCATION AND ITS RELEVANCE TO CURRENT ISSUES. Ta’dib, 20(1), 10. https://doi.org/10.31958/jt.v20i1.601

Feisal, J. A. (1995). Reorientasi pendidikan Islam (Cet. 1). Gema Insani Press.

Hamka, H. (1982). Ayahku.

Harahap, S. (2011). Teologi kerukunan (Ed. 1., cet. 1). Prenada.

Hasanah, U., Afianah, V. N., & Salik, M. (n.d.). KH. ABDUL KARIM AMRULLAH DAN GAGASANNYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SUMATERA BARAT.

Muhaimin. (2001). Paradigma pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan pendidikan agama Islam di sekolah (Cet. 1). Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2014). Metodologi pendidikan agama islam. Kalam Mulia.

Ramayulis, & Nizar, S. (2005). Ensiklopedi tokoh pendidikan Islam: Mengenal tokoh pendidikan di dunia Islam dan Indonesia (Cet. 1). Quantum Teaching : Didistribusikan Ciputat Press Group.

Saputro, I. W. (2016). Konsep Tauhid Menurut Abdul Karim Amrullah dan Implikasinya terhadap Tujuan Pendidikan Islam. AT TA’DIB, 11(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i2.779

Yunus, M. (2008). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Mahmud Yunus Wadzurriyah.

Zulmuqim. (2020). Pembaharuan Pendidikan Islam Minangkabau Awal Abad-20.

Zulmuqim, Z. (2015). Transformation of the Minangkabau Islamic Education: The Study of Educational thought of Abdul Karim Amrullah, Abdullah Ahmad And Rahmah El-Yunusiyah. Al-Ta Lim Journal, 22(2), 155–164. https://doi.org/10.15548/jt.v22i2.139




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v1i2.4483

Article Metrics

Sari view : 158 times
PDF - 123 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0