Hubungan Masa Kerja, Kebiasaan Merokok dan PM10 Dengan Kejadian ISPA Pada Pekerja di Industri Mebel Kayu Di Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji Kota Padang

Nailul Hikmi

Sari


Sungai Sapih merupakan salah satu Kelurahan yang ada di kota Padang. Berdasarkan data yang ada terdapat 1727 kasus ISPA di kelurahan Sungai Sapih. Di kelurahan ini terdapat 11 industri mebel kayu yang mana ini harus menjadi perhatian terutama pada pekerjanya. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah semua pekerja yang bekerja di mebel kayu yaitu sebanyak 32 pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan pengukuran titik sampel debu. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan masa kerja (p-value=0,013) kebiasaan merokok (p-value=0,001) dan PM10( p-value=0,000) dengan kejadian ISPA pada pekerja industry mebel kayu di Kelurahan Sungai Sapih. Pihak industri mebel kayu di Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji di harapkan memberi pelatihan tentang K3 dalam bekerja sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi saluran penyakit akut dan penyakit yang lain.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmadi UF.2012.Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada;

Anindya M. 2015.Hubungan Karakteristik Pekerja dan Kadar Debu Total Dengan Keluhan Pernapasan pada Pekerja Industri Kayu X Di Kabupaten Lumajang. Jurnal Kesehatan Lingkungan; Vol.1 No. 1.

Fardiaz S.1992. Polusi Air Dan Udara. Yogyakarta: Kanisius.

Harnaldo B. 2017.Kajian Hubungan Masa Kerja, Pengetahuan, Kebiasaan Merokok, dan Penggunaan Masker Dengan Gejala Penyakit ISPA Pada Pekerja Pabrik Batu Bata Manggis Ganting Bukittinggi. Human Care. Vol.2, No 2.

Indasah. 2017.Kesehatan Lingkungan Sanitasi , Dan K3. Yogyakarta: Pernerbit Deepublish.

Sastrawijaya AT. 2009.Pencemaran Lingkungan. Jakarta: PT Rineka Cipt

Suma’mur PK. 2009.Higine Perusahaan Dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). Jakarta:PT Sagung Seto.

ILO. 2013.Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sarana Untuk Produktivitas. Jakarta: SCORE.

WHO.2012.Global Health Observatory [Internet] http://www.who.int/gho/phe/en. 2012

Yusnabeti.2010. PM10 dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut Pada Pekerja Industri Meubel. Makara Kesehatan. Vol.14, No 1 25-30.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v1i2.4476

Article Metrics

Sari view : 112 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0