KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN BELAKANG TANGSI KOTA PADANG TAHUN 2021

Rangga Vikri Mahendra, Andri Rusta, Roni Ekha Putera

Sari


Salah satu tugas pokok pemerintah adalah memberikan pelayanan. Pelayanan public adalah pemenuhan keinginan dan kebutuhan masyarakat oleh public dan tentu saja dengan tujuan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kelurahan Belakang Tangsi meraih peringkat sebagai Terbaik I dalam ajang penilaian kelurahan berprestasi tahun 2020 Ajang lomba kelurahan berprestasi merupakan salah satu upaya dari pemko Padang guna memacu dan memicu peningkatan kinerja kelurahan se-kota Padang. Kantor Kelurahan Belakang Tangsi menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat dengan diberikan kewenangan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanannya dalam melayani masyarakat. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis kualitas pelayanan publik di Kantor Lurah Belakang Tangsi Tahun 2021.Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe pendekatan phenomeno logical research. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml Parasuraman dan Berry. Hasil penelitian Dari kelima dimensi yang peneliti bahas yaitu tangibel, reliability, responsiviness, assurance, dan empaty, semuanya sudah berjalan dengan baik hanya saja pada indikator reliability Kantor Kelurahan Belakang Tangsi tidak memasangkan standar pelayanan yang ada di kelurahan. Kualitas pelayanan publik di Kelurahan Belakang Tangsi berjalan dengan baik karena pegawai dan masyarakat mampu bekerja sama untuk mewujudkan kualitas pelayanan publik yang baik di Kelurahan Belakang Tangsi.

Kata kunci: Kualitas; Pelayanan; Kelurahan


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/jsp.v2i2.5000

Article Metrics

Sari view : 107 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.