KEKUASAAN PADA EKONOMI POLITIK: IMPLEMENTASI LAYANAN PEMBIAYAAN BERSAMA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Andika Pratama Setiawan, Alifia Paramitha Putri, Moh. Fadillah Nur Rahmat

Sari


Pada penelitian ini memuat kajian mengenai wujud kekuasaan pada aktivitas perekonomian terutama dalam mengimplementasikan layanan pembiayaan bersama berbasis teknologi informasi. Hingga kini sebuah teknologi secara terus-menerus selalu berkembang. Segala kegiatan pada kehidupannya tiap insan selalu ditunjang oleh peran pokok dari internet maupun teknologi digital guna memberikan kemudahan ketika melangsungkan pekerjaannya, menaikkan produktivitas dalam bekerja, mewujudkan relasi pada ranah perekonomian dan politik berbasis digital. Satu di antara realitas dari berkembanganya perekonomian digital masa modern pada Republik Indonesia yakni munculnya berbagai starup seperti halnya pasar Fintech (financial tekhcnology). Pemahaman Fintech bisa dibilang sebagai sebuah teknologi yang dijadikan sebagai penghubung di antara sektor finansial atau jasa keuangan dengan masyarakat. Dalam segala wujud aktivitas pembiayaan bersama berbasis tekologi informasi melalui Fintech selalu diawasai oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memiliki kewenangan dalam hal pengawasan, penyidikan, serta pengaturan mengenai aktivitas tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah supaya mengetahui pemahaman sekaligus perkembangan dari layanan pembiayaan bersama melalui teknologi informasi serta tahu akan relasi kuasa saat mengelola layanan pembiayaan bersama. Metode yang dipakai dalam melangsungkan kegiatan penelitian ini ialah studi pustaka dengan melakukan pengambilan data sekunder yaitu mengumpulkan berbagai bacaan seperti jurnal-jurnal, pemberitaan di banyak media, hasil penelitian, maupun buku yang erat kaitannya dengan relasi kuasa pada layanan pembiayaan bersama. Temuan yang didapatkan pada penelitian ini ialah layanan pembiayaan bersama mengalami perkembangan secara terus-menerus lantaran diperlukan oleh para masyarakat untuk mencairkan dana secara cepat serta adanya suatu kekuasaaan perekonomian politik di antara peran OJK dan pasar Fintech dalam menjalin kerja sama ketika diberlangsungkannya pembiayaan bersama berbasis teknologi informasi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, A. B. (2018). Pembiayaan berbasis teknologi informasi (fintech) yang berdasarkan syariah. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam, 21(2), 248-264.

Bimo, W. A., & Tiyansyah, A. (2019). Peran Otoritas Jasa Keuangan dalam Mengawasi Pinjaman Berbasis Teknologi Informasi (Fintech Lending). Moneter: Jurnal Keuangan dan Perbankan, 7(1), 16-33.

Damayanti, C. (2009). Dimensi Kekuasaan dalam Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 9(1).

Dhianty, R. (2018). PEMBERLAKUAN PJOK NOMOR 77 TAHUN 2016 TENTANG LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SUATU KAJIAN BERDASARKAN TEORI HUKUM PEMBANGUNAN. Scripta: Jurnal Kebijakan Publik Dan Hukum, 1(1), XXV-XLII.

Disemadi, H. S., & Regent, R. (2021). Urgensi Suatu Regulasi yang Komprehensif Tentang Fintech Berbasis Pinjaman Online Sebagai Upaya Perlindungan Konsumen di Indonesia. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 7(2), 605-618.

Fisabilillah, L. W. P., & Hanifa, N. (2021). Analisis pengaruh fintech lending terhadap perekonomian Indonesia. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 1(3), 154-159.

Malie, A. M., Sathya, T. A., Refiananda, A., & Anbiya, N. I. (2023). Urgensi Penyelesaian Non Litigasi Online dalam Sengketa Bisnis Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi. UNES Law Review, 6(1), 667-680.

Rombot, N. C. (2021). Kajian Yuridis Terhadap Pengaturan Dan Penerapan Financial Technology (Fintech) Dalam Bentuk Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi Serta Dampak Disrupsinya. Lex Privatum, 9(7).

Sitompul, M. G. (2018). Urgensi Legalitas Financial Technology (Fintech): Peer To Peer (P2P) Lending Di Indonesia. Jurnal Yuridis Unaja, 1(2), 68-79

Wisung, A. N., Aloysius, S., Jacob, Y. M., & Mauritsius, D. (2023). Peran Otoritas Jasa Keuangan dalam Menangani Penawaran Pinjaman Uang Online Oleh Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI). COMSERVA, 3(1), 233-247.




DOI: https://doi.org/10.31869/jsp.v2i1.4927

Article Metrics

Sari view : 13 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.