STRATEGI PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN DI PEMERINTAHAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI PERIODE 2017-2022

Afifah Nurul Fadhilah, Tamrin Tamrin, Andri Rusta

Sari


Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki potensi untuk meningkatkan pembangunan di sektor pariwisata. Salah satu potensi wisata yang dimiliki oleh kabupaten Mentawai adalah wisata bahari seperti surfing dan wisata budaya. Untuk meningkatkan potensi tersebut diperlukan sebuah strategi dari pemerintah agar pembangunan pariwisata di Mentawai dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Selain strategi, sumber daya manusia (SDM) juga perlu ditingkatkan karena dapat mempengaruhi pembangunan pariwisata di Kepulauan Mentawai. oleh karena itu, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dan menganalisis Strategi Pembangunan Kepariwisataan di Pemerintahan Kabupaten Kepualaun Mentawai Periode 2017-2022. Penelitian ini menggunaka pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, serta teknik pengumpulan data berupa data sekunder, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisi data yang diperoleh, peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Pengembangan Pariwisata Djoko Wijono Konsep 4 pilar pembangunan kepariwisataan. Hasil dari penelitian ini adalah pemerintahan Kepulauan Mentawai sudah merancang strategi untuk pembangunan pariwisata di Kepulauan Mentawai tetapi strategi tersebut belum berjalan dengan lancar dan untuk sumber daya manusianya sudah ada pelatihan yang dilakukan oleh pemerintah Kepulauan Mentawai.

 

Kata kunci : Strategi pembangunan, Kepariwisataan, Kebijakan,Kepulauan Mentawai         


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akib Haedar dkk. 2015. Pembangunan Ekonomi dalam Otonomi Daerah di Kabupaten Pegunungan Bintang, Indonesia. Jurnal Administrasi Publik. Vol. 5 No. 1 Thn. 2015.

Alam, Ilma Nur. 2020. Strategi Pemasaran Pariwisata Ke Asia Tenggara Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur Tahun 2018-2020. UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi.

Ariono dkk. 2018. Identifikasi dan Potensi Pengembangan Desa Wisata Menuju Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan. Seminar Nasional Sistem Informasi 2018, 9 Agustus 2018. Fakultas Teknologi Informasi-UNMER. Malang.

Dewi, Murti Sari. 2022. Perancangan Sistem Informasi dan Pemasaran Pariwisata Sebagai Media Promosi pada Kabupaten Kepulauan Mentawai Berbasis Web. IAIN Batusangkar. Skripsi.

Dewi Rhisna Dyah Aliska. 2017. Pengembangan Pariwisata Melalui Pelestarian Kesenian Reyog Ponorogo dalam Mewujudkan City Branding. Universitas Brawijaya. Skripsi.

Handoyono Eko dkk. 2017. Undang-Undang Otonomi Daearah dan Pembangunan Eknomi Daerah. Jurnal Riset Akuntansi Keuangan. Volume 2 No. 2 April. 2017.

Kawakibi I Wayan Thariqy. 2017. Motivasi dan Persepsi Wisatawan Terhadap Potensi Wisata di Kepulauan Mentawai. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas. Vol. 1, No. 2, November 2017.

Kholik Saeful.2020. Perencanaan Pembangunan Daerah dalam Era Otonomi Daerah. Jurnal Hukum Mimbar Justitia. Vol. 6 No. 1-Juni 2020.

Muhammad Hasan, M. A. (2018). Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal. CV. Nur Lina, 2018.

Napitupulu Novena Ulita. Strategi Pemasaran Pariwisata Budaya Mentawai Melalui Produk Kesenian Muturuk. Universitas Mercu Buana Jakarta. Jurnal Desain & Seni, FDSK-UMB. Hlm. 59–66.

Patria Teguh Amor. 2014. Tinjauan Sistem dan Elemen Pariwisata di Kabupaten Bandung, Bali, Melalui Sistem Pariwisata Laiper. Jurnal BINUS University. Vol. 5 No. 1 Mei 2014: 66-79.

Priwijaya Vikri. 2021. Trategi Pembangunan Pariwisata Pasca Gempa di Kecamatan Kabupaten Lombok Timur (Studi Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur). Universitas Muhammadiyah Malang. Skripsi.

Putri Rezi Kurnia. 2015. Pengembangan Pariwisata oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ( DISBUDPAR ) Kota Bukittinggi untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ). Universitas Andalas. Skripsi.

Rares dkk. 2019. Pembangunan Pariwisata di Pulau Nau Kabupaten Waropen Provinsi Papua. Skripsi.

Rudi Santoso dkk. 2021. “Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Kabupaten Jember”. Majalah Ekonomi. Vol. 26 No.2. Hlm. 99-100.

Rohman, M. Fathur. 2020. Peran Karang Taruna dalam Pembangunan Desa Wisata Desa Sumberrejo Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan dalam Tinjauan Teori Solidaritas Emile Durkheim. Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya. Skripsi.

Setiawan Ida Bagus. 2015. Identifikasi Potensi Wisata Beserta 4A (Atraction, Amenity, Accessibility, Ancilliary) di Dusun Sumber Wangi, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng Bali. Universitas Udayana. Skripsi.

Rudi Santoso dkk. 2021. “Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Kabupaten Jember”. Majalah Ekonomi. Vol. 26 No.2. Hlm. 99-100.

S Laurensius Arliman. 2018. Peran Investasi dalam Kebijakan Pembangunan Ekonomi Bidang Pariwisata di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Hukum. Vol. 20, No. 2. Pp. 273-294.

Sri Mariati. 2022. Analisis Pemangku Kepentingan pada Pengelolaan Ekowisata di Siberut Selatan Kepulauan Mentawai, Indonesia. Jurnal Ilmiah Pariwisata. Vol. 27 No, 2 Juli 2022, pp 128-144.

Zulhitra, deki. 2016. Strategi Pengembangan Desa Madobag sebagai Desa Wisata Budaya di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.31869/jsp.v2i1.4344

Article Metrics

Sari view : 270 times
PDF - 268 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.