ENHANCING STUDENTS’ ENGAGEMENT IN LEARNING ENGLISH THROUGH ECAFE LEARNING

Refnita Refnita

Sari


Pembelajaran ECAFE (Aktivitas Komunikasi Bahasa Inggris yang  Menyenangkan) adalah program yang dirancang untuk membuat siswa secara aktif menggunakan bahasa Inggris. Melalui Pembelajaran ECAFE, siswa mempraktikkan Bahasa Inggris melalui kegiatan komunikatif. Kegiatan dalam ECAFE Learning dirancang untuk melibatkan siswa untuk berbicara dalam proses pembelajaran yang menyenangkan. Program ini dirancang oleh Departemen Pendidikan Sumbar dengan melibatkan dosen, guru, dan praktisi pendidikan untuk merancang kurikulum Pembelajaran ECAFE. Meskipun program ini fokus pada keterampilan berbicara dan mendengarkan, tetapi membaca dan menulis juga terintegrasi di dalamnya. Program ini sebelumnya diusulkan untuk digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler tetapi kemudian penulis menerapkannya dalam proses mengajar regulernya di SMAN 3 Padang. Proses pengajaran menggunakan ECAFE dirancang untuk menyesuaikan dengan kurikulum. Guru harus melihat materi dan merancang strategi untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran. Ada banyak teknik yang telah diterapkan dalam Pembelajaran ECAFE seperti Menemukan Orang Hilang, Menjadi Ilustrator, Menjalankan Dikte, Jalur Garis, Menjual Produk, Berbaur, Talk Show dan Program TV. Setelah menerapkan pembelajaran ECAFE di ruang kelas, terlihat bahwa siswa aktif dalam proses belajar dan terlibat dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, ECAFE juga meningkatnya kemampuan siswa dalam berbicara serta meningkatnya kepercayaan diri mereka untuk berbicara bahasa Inggris.

 

Kata Kunci: ECAFE, Belajar Aktif, Keterlibatan Siswa


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i1.814

Article Metrics

Sari view : 297 times
PDF - 224 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter