PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA MATERI KEDISIPLINAN DI KELAS II SDN 12 SITIUNG

Martinis Martinis

Sari


Berdasarkan pengalaman penulis di SDN 12 Sitiung bahwa guru belum memanfaatkan media yang sesuai dalam menyajikan suatu materi pembelajaran PKn, sehingga hal ini menyebabkan peserta didik kurang termotivasi dan kurang memahami konsep pembelajaran yang disajikan, hal ini tergambar dari hasil belajar peserta didik   pada saat evaluasi setelah pembelajaran berakhir hanya mencapai nilai rata-rata 62 pada materi yang di ajarkan, sedangkan  standar nilai di sekolah itu adalah 75, jadi nilai yang di capai masih di bawah standar. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka penulis menggunakan media Gambar Dalam Pembelajaran PKn dengan Tema Kedisiplinan. Media gambar merupakan sarana yang dapat membantu proses belajar mengajar, sarana itu mencapai proses pembelajaran siswa dan dapat membuat pembelajaran menarik dan relatif lebih mudah. Media gambar dapat membantu siswa dan guru untuk menciptakan proses pembelajaran lebih baik jika dipakai dengan tepat. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan. Yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Dari data penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Ini terlihat dari nilai pra siklus rata-ratanya 61,3 meningkat 8,7% jadi 70. Dan nilai rata-rata pada siklus II meningkat lagi 13% yakni menjadi 83. Jadi setelah proses pembelajaran dilaksanakan dalam 2 siklus didapatkan 13 siswa dari 15 siswa yang nilainya berada diatas KKM yang ditetapkan.

 

Kata Kunci: gambar, hasil belajar PKn, materi kedisiplinan


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i1.808

Article Metrics

Sari view : 177 times
PDF - 1275 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter