PENGARUH METODE SUGESTOPODIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KOTA BUKITTINGGI
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Kota Bukittinggi. Berdasarkan pernyataan tersebut tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode sugestopedia terhadap keterampilan menulis cerpen siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.Populasi penelitian ini berjumlah 124 orang, pemilihan sampel sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes unjuk kerja berupa pretes dan postes. Uji teknik analisis data dalam penelitian ini dengan uji normalitas, uji homogenitas, dn uji tabel.Kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan metode sugestopedia siswa kelas XI IPS1 SMA N 1 Kota Bukittinggi tergolong baik sekali dengan nilai rata- rata 75,6 , sedangkan keterampilan menulis cerpen siswa tanpa menggunakan metode sugestopedia cukup dengan nilai rata – rata 57,8. bedasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel sehingga h1 terdapat pengaruh penggunaan metode sugestopedia terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI IPS SMA N 1Kota Bukittinggi. Artinya metode sugestopedia dapat diterima dalam pembelajan menulis cerpen siswa kelas XI SMA N 1 Kota Bukittinggi.
Kata kunci: Metode sugestopedia, menulis, cerpen siswaTeks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i1.806
Article Metrics
Sari view : 238 timesPDF - 425 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-