UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SPOOF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBERI DI SMAN 3 PADANG PANJANG
Sari
Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah gamberi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara spoof. Itu dilakukan di XI IA 2 yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi dan hasil tes. Untuk observasi terdiri dari enam indikator ( partisipasi siswa dalam proses belajar, siswa tidak mengikuti dalam belajar dengan baik, keaktifan siswa dalam proses belajar, minat belajar siswa, pemahaman siswa tentang spoof, siswa yang memberikan presentasi tugas tepat waktu). Dan untuk hasil tes, ada lima indikator, yaitu (1. content 2. pronunciation, 3. grammar, 4. fluency, 5. vocabulary). Data dalam persentase. Dengan menggunakan gamberi, terbukti bahwa kemampuan siswa dalam berbicara spoof juga meningkat. Dari pengamatan yang dilakukan, ada beberapa peningkatan seperti, partisipasi siswa yang tinggi dalam proses belajar, keaktifan siswa yang tinggi dalam proses belajar, minat belajar siswa yang tinggi, pemahaman siswa yang tinggi tentang spoof, siswa yang tinggi memberikan presentasi tugas yang tepat waktu. Selain itu, dari hasil tes, ada peningkatan, 6% dari pre-test ke siklus 1 dan 7% dari siklus 1 ke siklus 2. Kesimpulannya, kemampuan siswa dalam berbicara spoof dapat ditingkatkan dengan menggunakan gamberi.
Kata kunci: gamberi, berbicara, spoof
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i1.804
Article Metrics
Sari view : 173 timesPDF - 239 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-