PENGGUNAN METODE DEBAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH DI KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 SUNGAI RUMBAI KABUPATEN DHARMASRAYA
Sari
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti khususnya dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sungai Rumbai Kecamatan Sungai Rumbai, terdapat beberapa fakta yang tidak memuaskan dalam pembelajaran berupa rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh aktivitas belajar peserta didik yang rendah dimana sebagian besar peserta didik malas membaca buku, dan dalam proses pembelajaran banyak pasif serta tidak mau bertanya ataupun menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru apalagi memberikan gagasan atau ide dalam proses pembelajaran, untuk itu perlu dilakukan perbaikan dalam pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Setelah dilakukan penelitian selama dua siklus, ternyata peneliti berhasil meningkatkan kemampuan belajar sejarah siswa dan Berdasarkan perhitungan akhir penilaian selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran melalui metode debat, diperoleh berupa peningkatan indikator aktivitas belajar dan peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus satu yaitu 53,57% menjadi 75,00% pada siklus kedua. Angka ini dapat memberikan gambaran bahwa metode debat mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.
Kata Kunci: Metode, debat, aktivitas
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i1.801
Article Metrics
Sari view : 267 timesPDF - 185 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-