PENGGUNAN METODE DEBAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH DI KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 SUNGAI RUMBAI KABUPATEN DHARMASRAYA

EKO PUJI HASTUTI EKO PUJI HASTUTI

Sari


Berdasarkan hasil pengamatan peneliti khususnya dalam pembelajaran  Sejarah di SMA Negeri 1 Sungai Rumbai Kecamatan Sungai Rumbai, terdapat beberapa fakta yang tidak memuaskan dalam pembelajaran berupa rendahnya hasil belajar yang disebabkan oleh aktivitas belajar peserta didik yang rendah dimana sebagian besar peserta didik malas membaca buku, dan dalam proses pembelajaran banyak pasif serta tidak mau bertanya ataupun menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru apalagi memberikan gagasan atau ide dalam proses pembelajaran, untuk itu perlu dilakukan perbaikan dalam pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Setelah dilakukan penelitian selama dua siklus,  ternyata peneliti berhasil meningkatkan kemampuan belajar sejarah siswa dan Berdasarkan perhitungan akhir penilaian selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran melalui  metode debat, diperoleh berupa peningkatan indikator aktivitas belajar dan peningkatan  jumlah peserta didik yang tuntas  pada siklus satu yaitu 53,57% menjadi 75,00%  pada siklus kedua. Angka  ini dapat memberikan gambaran bahwa metode debat mampu meningkatkan  aktivitas belajar peserta didik.

 

Kata Kunci: Metode, debat, aktivitas


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v5i1.801

Article Metrics

Sari view : 267 times
PDF - 185 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter