OPTIMALISASI LESSON STUDY DENGAN DYNAMIC GEOMETRY SOFTWARE (DGS) UNTUK PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU MATEMATIKA

Prima Yudhi

Sari


Tinjauan literatur ini membahas tentang optimalisasi Lesson Study dengan Dynamic Geometry Software (DGS) untuk pengembangan profesional guru matematika. Tinjauan ini menganalisis potensi manfaat dari mengintegrasikan DGS ke dalam Lesson Study sebagai cara untuk meningkatkan pengetahuan konten pedagogis teknologi (TPACK) guru dan mendorong pemahaman siswa tentang konsep-konsep geometris. Tinjauan ini menyelidiki dampak DGS pada berbagai aspek Lesson Study, termasuk perencanaan, observasi, dan refleksi. Diskusi menyoroti pentingnya kerangka kerja kolaboratif dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran dan pembelajaran, yang menekankan peran Lesson Study dalam memfasilitasi kolaborasi guru dan berbagi pengetahuan. Tinjauan ini diakhiri dengan menyarankan area potensial untuk penelitian selanjutnya, termasuk studi longitudinal untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dari sinergi ini dan eksplorasi lebih lanjut tentang adaptasi Lesson Study dengan berbagai DGS dan konteks pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adelabu, F. M., Makgato, M., & Ramaligela, M. S. (2019). The Importance of Dynamic Geometry Computer Software on Learners’ Performance in Geometry. 17(1).

Battista, M. T. (2002). Learning Geometry in a Dynamic Computer Environment. Teaching Children Mathematics, 8(6), 333–339. https://doi.org/10.5951/TCM.8.6.0333

Chan, K. K., & Leung, S. W. (2014). Dynamic Geometry Software Improves Mathematical Achievement: Systematic Review and Meta-Analysis. Journal of Educational Computing Research, 51(3), 311–325. https://doi.org/10.2190/EC.51.3.c

Cheah, U. H. (2018). Designing Instruction in Geometry: Using Lesson Study to Improve Classroom Teaching. In P. Herbst, U. H. Cheah, P. R. Richard, & K. Jones (Eds.), International Perspectives on the Teaching and Learning of Geometry in Secondary Schools (pp. 181–195). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-77476-3_11

Guven, B. (2012). Using dynamic geometry software to improve eight grade students’ understanding of transformation geometry. Australasian Journal of Educational Technology, 28(2). https://doi.org/10.14742/ajet.878

Koyuncu, I., Akyuz, D., & Cakiroglu, E. (2015). INVESTIGATING PLANE GEOMETRY PROBLEM-SOLVING STRATEGIES OF PROSPECTIVE MATHEMATICS TEACHERS IN TECHNOLOGY AND PAPER-AND-PENCIL ENVIRONMENTS. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(4), 837–862. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9510-8

Lima, C., Alves, G., & Soares, A. (2008). Geometric Visualization: How to Acquire It Using Dynamic Geometry Systems? Third International Conference on Systems (Icons 2008), 306–311. https://doi.org/10.1109/ICONS.2008.63

Mavani, D., Mavani, B., & Schäfer, M. (2018). A Case Study of Two Selected Teachers as they Integrated Dynamic Geometry Software as a Visualisation Tool in Teaching Geometry. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 22(3), 297–307. https://doi.org/10.1080/18117295.2018.1522716

Obara, S., & Nie, B. (2023). Mathematics Teachers’ Geometric Thinking: A Case Study of In-service Teachers’ Constructing, Conjecturing, and Exploring with Dynamic Geometry Software. European Journal of Mathematics and Science Education, volume–4–2023(volume–4–issue–1–march–2023), 65–78. https://doi.org/10.12973/ejmse.4.1.65

Segal, R., Oxman, V., & Stupel, M. (2021). Using Dynamic Geometry Software to Enhance Specialized Content Knowledge: Pre-Service Mathematics Teachers’ Perceptions. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0647. https://doi.org/10.29333/iejme/11065

Wijaksana, A. H., & Kusumah, Y. S. (2023). Peran Dynamic Geometry Software Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Peserta Didik Dalam Belajar Descriptive Geometry: Sebuah Review Literatur. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.21009/jrpms.071.10




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v11i2.6318

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter