PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH PADANGPANJANG

Mafardi Ratna Sari Dewi Pohan Sarah Samosir

Sari


Penelitian ini didasari karena 1) siswa belum mampu pembelajaran menulis. 2) siswa belum menguasai penggunaan diksi, susunan kalimat, paragraf dengan baik. 3) Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis teks eksposisi belum maksimal disebabkan sarana dan prasarana yang masih terbatas. 4) Guru kurang memanfaatkan media audio visual secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan sampel 25 orang. Instrumen yang digunakan tes unjuk kerja untuk siswa dalam menulis teksĀ  eksposisi dan angket respon siswa. Teknik analisis data melalui tahapan: 1) menganalisis teks eksposisi. 2) memeriksa hasil tulisan teks eksposisi siswa dengan aspek penilaian yang sudah ditentukan untuk mendapatkan skor, 3) mencatat skor, 4) mengubah skor mentah menjadi nilai, mencari persentase, 5) tabulasi data, 6) mengklasifikasikan nilai siswa, 7) menentukan nilai rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi, 8) contoh analisis teks eksposisi, 9) uji normalitas, 10) uji homogenitas, 11) pengujian hipotesis, 12) mengolah hasil data angket. 13) membahas, 14) menyimpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan media audio visual terdapat peningkatan yang dilihat dari nilai rata-rata kelas kontrol (55, 80), sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata 70,16. Secara statistik, diperoleh hasil thitung lebih lebih besar dari t tabel (3,088>2,011), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Padangpanjang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Antasari Press.

Iswidayati. 2010. Pemanfaatan Media Pembelajaran Seni Budaya. Semarang:

Nopitasari, dkk. 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Youtube terhadap tingkat Pemahaman Materi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan. 1(2), 2963-0347. https://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi

Nopriani, H. dan Pebrianti T, I. 2019. Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Kelas X Melalui Penggunaan Bahan Ajar Hasil Pengembangan. Jurnal Bindo Sastra., 5(2), 2579-7379 DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v32.1825

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitaif: Bandung: Alfabeta.

Yusuf A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencan.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5650

Article Metrics

Sari view : 36 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter