KONTRIBUSI FILSAFAT TERHADAP IMPLEMENTASI KOMPETENSI LINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Sari
Filsafat bahasa selalu dipahami dalam dua sudut pandang yang berbeda, sudut pandang pertama menyebutkan bahwa bahasa adalah alat yang digunakan untuk menganalisis konsep-konsep, sudut pandang kedua melihat bahwa bahasa adalah kajian tentang bahasa itu sendiri. Perpaduan dua sudut pandang ini dalam kajian filsafat melahirkan bentuk bahasa dan makna bahasa. bentuk bahasa berkaitan erat dengan tata bahasa. makna bahasa berkaitan erat dengan untuk apa bahasa digunakan, apa arti yang terkandung di dalam sebuah bahasa, dan bagaimana bahasa dapat membentuk sebuah pemahaman konsruksikompetensi linguistik. Metode penelitian ini adalah analisis isi yang menganalisis beberapa artikel kajian filsafat dan bahasa. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa pemahaman secara ontologi, epistimologi, dan aksiologi terhadap hakikat bahasa memberikan sumbangan besar dalam memperoleh kompetensi linguistik.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abadi, T. W. (2016). Aksiologi: Antara Etika, Moral, dan Estetika. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 187. https://doi.org/10.21070/kanal.v4i2.1452
Anna, H. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Multibudaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2), 135. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/208/181
Erisa Kurniati. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 52–53.
Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, XVIII (1), 63–75.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan Ontologis, Aksiologis, Epitesmologis Aliran Filsafat Esensialisme Dan Pandanganya Terhadap Pendidikan. Jurnal Reforma, 9(2), 87. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.320
Jeniati, H. (2022). Implementasi Aliran filsafat Pragmatisme Dalam Pendidikan. 4. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v4i1.438
Pamulang, MR Dasuki, U. (2019). Tiga Aspek Utama Dalam Kajian Filsafat Ilmu; Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi. Openjournal.Unpam.Ac.Id. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Proceedings/article/view/4056
Prasad, B. D. (2021). Content Analysis: A Method in Social Science Research. In Content Analysis. A method of Social Science Research.CSS (Issue 2008, pp. 375–380). https://doi.org/10.1002/9781119111931.ch75
Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500
Rahmansyah, S., & Nursalim. (2020). Kompetensi Bahasa dan Kompetensi Komunikatif. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.2013.02.0
Saepudin, S. (2018). Teori Linguistik Dan Psikologi Dalam Pembelajaran Bahasa. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 100–118. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i1.738
Suaedi. (2013). Pengantar Fisafat Ilmu (Issue 3).
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Thouësny, S., & Bradley, L. (2011). Second Language Teaching and Learning with Technology: Views of Emergent Researchers. In Second Language Teaching and Learning with Technology: Views of Emergent Researchers. Research-publishing.net. https://doi.org/10.14705/rpnet.2011.9781908416001
DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5648
Article Metrics
Sari view : 43 timesPDF - 22 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Anda Pengunjung Ke-