PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF SISWA KELAS IX SMPN 25 KERINCI

Megasari Martin Erni Wati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning terhadap pembelajaran teks pidato persuasif siswa kelas IX di SMPN 25 Kerinci. Siswa yang menjadi objek penelitian adalah kelas IX yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes unjuk kerja menulis teks pidato persuasif dan lembar observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa. Dalam penilaian ini siswa diberikan beberapa fenomena yang dekat dengan keseharian siswa untuk dipecahkan bersama dalam diskusi berkelompok, setelah menemukan jawaban, masing-masing siswa akan menuliskan teks pidato persuasif sesuai tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam hasil belajar dan aktivitas dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Leaning terhadap kemampuan menulis teks pidato persuasif siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 78,45 dengan kualifikasi baik. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning baik dari segi guru maupun dari aspek siswa mencapai keberhasilan. Dari aspek guru, dalam proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning ini, guru mengikuti semua langkah-langkah yang sudah sesuai dengan model pembelajaran dan modul ajar. Guru juga memotivasi peserta didik dan membantu peserta didik dalam berdiskusi dan mengorganisasi tugas belajar yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi. Hasil nilai siswa kelas IX SMPN 25 Kerinci dalam menulis teks pidato persuasif dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat diketahui bahwa rata-rata nilai keseluruhan siswa dengan predikat baik yang berarti peserta didik telah menguasai pembelajaran tersebut. Nilai siswa sangat bervariasi, mulai dari cukup baik, baik, dan baik sekali. Selain hasil belajar peserta didik juga selam pemebalajaran sangat antusias dan bersemangat karena bekerja sama dalam kelompok dan menemukan hal-hal baru yang menjadi motivasi dan semangat jika dikerjakan bersama rekan-rekannya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik edisi revisi VII. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Furidah. 2009. Pengertian Media Pembelajaran. (Online), http://kamriantiramli.wordpress.com/2011/02/28/pengaruh-pengaruh-media-animasi-sebagai-strategi-pembelajaran-aktif-pada-konsep-metabolisme-di-kelas-xii-man-negeri-2-binjai/. Diakses tanggal 16 Mei 2024 jam 14.20.

Martin, Megasari & Mimi Sri Irfadila. 2021.Hubungan Penggunaan Media Gambar Gerak Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UM SUMBAR. Jurnal Inovasi Pendidikan Vol 8 No.2. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/2997 . Diakses tanggal 16 Mei 2024 jam 14.20.

Nuronniah, Dini Fitriani, Hasrul Rahman. 2021. Penerapan Model PBL Pada Teks Pidato Persuasif Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Prambanan. Universitas Ahmad Dahlan. https://seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/viewFile/10965/pdf . Diakses tanggal 16 Mei 2024 jam 15.10.

Sahra. 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Pidato Persuasif Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia bagi Siswa SMP Negeri 2 Mataram. Jurnal Paedagogy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 8 No.4. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/4127. Diakses tanggal 18 Mei 2024 jam 08.10.

Semi, M. Atar. 2009. Menulis Efektif. Padang: UNP Press.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning; Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5647

Article Metrics

Sari view : 53 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter