PEMBELAJARAN INOVATIF “PROBLEM BASED LEARNING” PADA MATERI BILANGAN BULAT

Siska Gusmayanti Eka Pasca Surya Bayu Nova Srianti

Sari


Salah satu materi matematika yang berimplikasi langsung dalam kehidupan siswa adalah bilangan, dalam penelitian ini dikhususkan pada materi bilangan bulat. Berdasarkan fenomena dilapangan diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah sebagai implikasi rendahnya motivasi. Hal ini dipicu oleh pembelajaran yang dilakukan guru  masih bersifat satu arah dimana guru sebagai sumber, penyedia, dan  pemberi informasi (konvensional), sedangkan siswa hanya mencatat apa  yang disampaikan guru. Untuk itu dilakukan usaha perbaikan dengan melakukan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu tindakan perbaikan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP N 1 Sungai Pua. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwap penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan  hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat kelas VII.1 SMP N 4 Batang Anai. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal rata-rata sebelum dilakukan penelitian, yaitu 51,20 dengan persentase ketuntasan 37%. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I menggunakan model PBL mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70,5 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 50%. Kemudian dilanjutkan ke siklus II dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 89,25 dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 100%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suci, N. M (2008) “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk meningkatkan Partisipasi Partisipasi belajar dan Hasil Belajar teori Akutansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi UNDIKHA” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Sosial Undikha. 2,(1),74-86

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press.

Prof. Dr. Dyah Sawitri, S.E., M.M dkk.(2018). Penilaian Hasil Belajar. Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII

Wiwik Setiawati, M.Pd, dkk (2021) Pembelajaran 6 Konsep Penilaian.Modul Belajar Mandiri

Yogi Anggraena,dkk (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Setiyani, S., Sagita, L., & Herdiawati, I. E. (2020). Penerapan Model Murder Terhadap PeningkatanKemampuan Analisis Dan Evaluasi Matematis Siswa Smp. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 395–406. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V9i3.725

Rahmawati. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan

Pemahaman Konsep siswa pada Pokok Bahasan Permutasi di Kelas X MAN 2

Pidie Jaya Kabupaten Pidie Jaya. SINTESA: Jurnal Kajian Islam Dan SosialKeagamaan, 2(1), 101–112. http://jurnal.kopertais5aceh.or.id/index.php/SINTESA/article/view/237

Filsia Yunita Muskitta ((2022 )KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI

PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP 3Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Pattimura: https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/sciencemap




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5483

Article Metrics

Sari view : 62 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter