PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI METODA PEMBELAJARAN PROBLEMS BASED LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 14 MUKOMUKO

Gusmaizal Syandri Fitri Yulianti Mira Amazola

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa melalui Metoda Pembelajaran Problems Based Learning di Kelas VII SMP 14 Mukomuko. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah melalui Model Pembelajaran Problems Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa Kelas VII SMP 14 Mukomuko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini Kelas VII SMP 14 Mukomuko yang berjumlah 20 orang dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa melalui Model Pembelajaran Problems Based Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk esay. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar Bahasa Inggris siswa pada siklus I adalah 16 siswa yang tuntas (80 %) dan yang belum tuntas 4 siswa (20 %), sedangkan pada siklus II yang tuntas menjadi 18 siswa (90%) dan yang belum tuntas 2 siswa (10 %), sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Melalui Model Pembelajaran Problems Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa Kelas VII SMP 14 Mukomuko.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia Putri Wulandari dkk, Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat ameliaputrw0206@upi.edu Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 100-106

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal panajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-5

Lidinillah, D. A. M. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 1, 1-8. http://file.upi.edu/Direktori/KDTASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_(KDTASIKMALAYA)

Nurkamto, J., & Sarosa, T. (2020). Assessment for Learning dalam Pembalajran Bahasa di Sekolah. Teknodika, 18(1), 63-70.

Ussher, B., & Earl, K. (2010). Summative and Formative Confused by the Assessment Terms? New Zealand Journal of Teacher Work, 7(1), 53-63

Purnomo, Y. W. (2014). Assessment-Based Learning: Sebuah Tinjauan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis. Sigma Journal, 6(1), 22-33

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.

Widiasworo, E. (2018). Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5482

Article Metrics

Sari view : 53 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Anda Pengunjung Ke- Flag Counter